Ujian ONA

Jadi setelah pindah Belanda, saya harus menyelesaikan ujian inburgering. Salah satu ujian inburgering tersebut adalah ONA (Oriëntatie op de Nederlandse arbeidsmarkt). Ujian ini terdiri dari membuat portofolio dan melakukan wawancara setelahnya. Jika tidak mau wawancara, beberapa tempat kursus menyediakan kursus ONA 64 jam dengan harga yang beragam.

Ujian ONA ini termasuk ujian yang dari awal paling males saya lakukan karena harus buat portofolio segala. Makanya walaupun ujian inburgering yang berkaitan dengan bahasa (KNM, Leesvaardigheid, Luistervaardigheid, Schrijfvaardigheid, Spreekvaardigheid) sudah saya selesaikan begitu saya sampai di Belanda, ujian ONA ini tidak pernah saya kerjakan. Sampai akhirnya setelah setahun di Belanda, saya baru punya niat mengerjakan ONA.

Untuk ujian ONA, saya pilih portofolio+wawancara. Portofolio ini terdiri dari 8 resultaatkaart yang pertanyaannya menyangkut pekerjaan. Saya sebelumnya bekerja kantoran jadi saya pun membuat ONA portofolio sesuai dengan pekerjaan saya sebelumnya. Sebenarnya mengisi portofolio ini bisa saja tidak sesuai dengan apa yang sebenarnya. Misal di resultaatkaart 1, kita mengisi 3 pekerjaan dan kita harus pilih satu yang paling kita inginkan. Ini bisa pekerjaan apapun, bahkan kalau mau isi dokter bedah otak juga bisa, tapi kan kalau kita aslinya bukan dokter bedah otak, bakal bingung isi resultaatkaart selanjutnya. Jadi ya ngisinya tetep yang masuk akal walaupun bebas mau isi pekerjaan apa aja.

Selain mengisi 8 resultaatkaart, saya pun melampirkan:

  • 2 lowongan pekerjaan yang saya temukan di internet,
  • CV,
  • Motivatiebrief,
  • 2 sollicitatie formulier.
  • Ijazah + hasil penyetaraan ijazah di Belanda

Semua ini dilakukan melalui website mijninburgering dengan menggunakan DigID. Setelah submit, sebulan kemudian diinfokan bahwa portofolio saya diterima dan selanjutnya menunggu jadwal ujian.

RESULTAATKAART+LAMPIRAN

Contoh cara pengisian resultaatkaart bisa dilihat di websitenya Adappel, klik disini.

Untuk CV dan Motivatiebrief bisa dicari di internet contohnya. Pastikan semua tulisan berada di sebelah kiri kertas (align left).

Untuk sollicitatieformulier, bisa cari di google dengan kata kunci sollicitatieformulier starbucks, atau sollicitatieformulier albert heijn, atau sollicitatieformulier jumbo, dll.

Untuk lowongan pekerjaan bisa dicari di websitenya indeed, disana ada banyak lowongan. Tinggal di download dan dilampirkan. Masih banyak website lain untuk cari lowongan pekerjaan, tapi saat saya cari di indeed, langsung ketemu 2 yang relevan jadi saya tidak cari di website lain.

WAWANCARA ONA

Saat wawancara, kita akan diuji 2 orang. Ya walaupun dalam kasus saya, yang aktif hanya satu orang, yang satu hanya mencatat saja (sempat sekali mempertanyakan tentang CV saya).

Pertanyaan yang akan ditanyakan benar-benar menyangkut portofolio dan semua yang kita lampirkan. Sebelum ujian, saya sempat nemu list pertanyaan yang kemungkinan akan ditanyakan dan ini dari Adaappel juga, klik disini untuk download list pertanyaan.

Dari pengalaman saya, pertanyaan memang persis dengan list tersebut dan ada juga pertanyaan tentang lowongan pekerjaan yang saya lampirkan. Penguji menanyakan apa bedanya antara 2 lowongan pekerjaan tersebut. 2 lowongan kerja tersebut merupakan 2 bisnis yang berbeda sektor dengan sektor pekerjaan saat saya di Indonesia, bagaimana pendapatku. Dan saya ditanya apa yang paling penting buat saya saat apply lowongan kerja.

Intinya pertanyaan yang keluar tergantung sama portofolio dan yang kita lampirkan, jadi bisa dari resultaatkaartnya, dari lowongan kerjanya, ataupun dari CV-nya. Wawancara dilakukan dalam bahasa belanda, walaupun ini bukan ujian bahasa, jadi jika ada salah pun tidak masalah.

Hasil ujian akan keluar dalam 5 hari dan bisa dilihat di website mijninburgering. Alhamdulilah ONA ini ujian inburgering terakhir saya, jadi saya sudah tidak ada utang ujian lagi di negara Belanda ini.

 

Advertisement

4 thoughts on “Ujian ONA

  1. Keknya soal imigrasi, Belanda ini terorganisir banget, banyak banget ujian2 kek gini yang aku dengar dari blogger lainnya.

    Disini setauku cuman ada ujian integrasi klo mau ambil permanent residency (itu juga baru, jaman aku ngga ada) sama ujian klo mau ambil kewarganegaraan.

    Tapi sejujurnya, klo emang bisa ngisi profesi apa aja, terus tujuannya apa ya?

    Like

    1. Iya kayanya negara lain ga ada ujian integrasi setelah pindah. Kita di Belanda di wajibkan harus selesai dalam waktu 3 tahun setelah pindah, kalau ga bayar denda. Maksimal € 1.250 dendanya kalau misal dalam 3 tahun leyeh2 doang ga kursus atau ujian. Terus dikasi waktu 2 tahun lagi, kalau ga ya bayar denda lagi.

      Untuk ujian ONA ini sih intinya menunjukkan kalau kita di Belanda ini bisa cari kerja, makanya dari portofolio itu juga disuruh cari lowongan, bikin CV, dll. Misal aku ala2 isi mau jadi dokter, trus jawab ga ada ijazah, aku harus isi juga informasi pendidikan dokter di Belanda ini dimana dan biaya berapa, siapa yang bayar (pinjaman dari negara atau bayar sendiri). Nah ini infonya harus asli. Jadi tunjukkan sekolah mana yang punya pendidikan tsb. Jadi isi profesi apapun bisa asal bisa kasi info juga kalau memang kita tau segala info yang dibutuhkan buat menempuh profesi tersebut. Pas di wawancara jadi harus meyakinkan juga kalau bakal dilakuin karena ditanya juga prosesnya seperti apa yang kita tau.

      Liked by 1 person

  2. Haloo mba Geraldine hoe gaat het met je?

    Thank you ya buat sharing2nya, sangat2 membantu bangettt. Mba boleh minta info untuk kursus nya dimana n durasi nya berapa lama ya? Dulu aku lulus A1 dari contoh soal yg mba kasih ga pake kursus2 segala, and alhamdulillah hasilnya memuaskan 🤗.
    And mba ambil yang A2 or skalian NT2? Soalnya verbliftkaart ku baru aja jd n sekarang mau fokus buat kursus inburgering dan segala tetek bengeknya yg masih ngeblur alias bingung mau start darimana plus corona melanda dll. Boleh share infonya ya mba, dank je wel 🥰🥰

    Like

    1. Hi.. Goed..
      Alhamdulilah klo ujian kmrn lulus dgn hasil yg bagus 🙂

      Aku ikut ujian yg A2 aja ga smpe NT2. Klo tmpt kursus, coba cari aja yg deket tmpt tinggalmu.Aku dulu kursus di utrecht krna dekat rumah. Atau skrg ini karena corona, bnyk tmpt kursus yg online jdi tdk mslh untuk lokasi. Cari aja kursus yg bisa disesuaikan dgn waktu dan biaya yg kmu punya. Bnyk bngt tmpt kursus di Belanda dgn harga yg bermacam2 dan materi yg dipakai juga beda2 jdi kurang tau mna yg recommended.

      Like

Please Feel Free to Leave a Comment

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s