Hewan Peliharaan. Ya Atau Tidak?

Saya selama di Indonesia, tidak pernah punya hewan peliharaan karena orangtua saya menganggap hewan peliharaan itu kotor. Jadi saya tidak terbiasa dengan hewan peliharaan apapun. Sampai akhirnya saya menikah, dan suami saya Adrian punya kucing, akhirnya saya harus belajar untuk terbiasa hidup dengan kucing. Awalnya tiap kucing itu muncul di ruang tamu dan duduk dimana … Continue reading Hewan Peliharaan. Ya Atau Tidak?

Transfer Uang Dari Indonesia Ke Luar Negeri Dengan Transfez

Setelah saya pindah ke Belanda, saya buka rekening di bank ING di Belanda. Sebelumnya di Indonesia, saya punya 2 rekening bank yaitu BNI dan Bank Mandiri. Nah setelah pindah Belanda, sekarang saya rasa punya 2 rekening bank di Indonesia kurang perlu dan saya putuskan untuk menutup salah satunya. Saya pun berencana mentransfer uang yang ada … Continue reading Transfer Uang Dari Indonesia Ke Luar Negeri Dengan Transfez

Mencoba IPL Hair Removal Di Rumah

Saya pernah sebelumnya menuliskan tentang berbagai metode yang saya pakai untuk menghilangkan rambut tak diinginkan di badan. Saya ini termasuk yang cepat tumbuh rambutnya dibandingkan temen yang lain. Huhu sedih. Untuk baca blog yang saya tulis saat itu, klik disini. Nah saat corona ini, yang bisa saya lakukan untuk menghilangkan rambut di badan adalah cukur … Continue reading Mencoba IPL Hair Removal Di Rumah

Rencana Berantakan Karena Corona Virus

Seperti yang sedang ramai dirasakan oleh semua negara saat ini adalah masalah Coronavirus yang menyebar sejak Desember 2019. Hal ini juga mempengaruhi rencana yang sudah saya buat. Ujian Praktek menyetir dibatalkan Jadi setelah saya lulus ujian teori menyetir, instruktur saya segera menjadwalkan saya untuk ujian praktek menyetir. Jadwal yang saya dapat untuk ujian ada 2 … Continue reading Rencana Berantakan Karena Corona Virus

Ujian Teori SIM Di Belanda

Selama di Indonesia saya selalu nyetir mobil, jadi saat di Belanda saya putuskan untuk kursus mobil untuk dapat SIM di Belanda (rijbewijs). Saat mulai kursus mobil, instruktur menyarankan untuk saya ujian teori secepatnya. Instruktur bilang kalau mau praktek akan lebih baik jika kita sudah belajar tentang lalu lintas di Belanda dan juga agar nantinya kalau … Continue reading Ujian Teori SIM Di Belanda

Kunjungan Ke Dokter Hewan Di Belanda

Jadi karena sebelumnya di Indonesia saya ga pernah punya binatang peliharaan, saya ga pernah yang namanya berkunjung ke dokter hewan. Nah karena di Belanda Adrian punya kucing (Eevee) yang umurnya 10 tahun, akhirnya suatu kesempatan saya ikut kontrol ke dokter hewan. Dibawah ini saya tulis pengalaman dan biaya dokter hewan. Eevee Ya ampun masukin kucing … Continue reading Kunjungan Ke Dokter Hewan Di Belanda

Mencairkan Uang JHT BPJS Ketenagakerjaan

Setelah pindah ke Belanda, tentunya posisi saya ga aktif bekerja lagi di Indonesia. Setelah 1 bulan resign, harusnya uang JHT (jaminan hari tua) kita bisa diambil tapi saya belum sempat urus. Akhirnya saat saya liburan ke Indonesia, saya urus pencairan JHT di BPJS Ketenagakerjaan Balikpapan. Dengar-dengar bisa e-claim tapi saat saya urus (November 2019), mereka … Continue reading Mencairkan Uang JHT BPJS Ketenagakerjaan

Sistem Kesehatan Di Belanda

Sewaktu saya belum tinggal di Belanda, saya selalu dengar asuransi kesehatan di negara maju itu enak, kesehatan kita terjamin, semua gratis, dll. Ternyata setelah saya tinggal di Belanda, kenyataannya berbeda dengan apa yang saya dengar. Bayar Asuransi Biaya berobat kita bukan dibayar pakai pajak sehingga gratis, tapi kita bayar lagi asuransi kesehatan. Ya sama seperti … Continue reading Sistem Kesehatan Di Belanda

Mertuaku Kena Culture Shock (Part 2)

Ini cerita kelanjutan tentang ibu mertuaku saat di Indonesia. Cerita part 1, klik disini. Mendadak Bertamu Jadi di Belanda kan sudah biasa ya kalau mau bertamu ke rumah orang mesti janjian dulu. Nah ini kan yang namanya bertamu pas lebaran, ga pakai ijin. Wong normalnya aja suka ujug-ujug datang, apalagi lebaran kan ya. Jadi saya … Continue reading Mertuaku Kena Culture Shock (Part 2)

Mertuaku Kena Culture Shock (Part 1)

Jadi lebaran 2019 ini pertama kalinya ibu mertuaku ikut ke Indonesia. Dia belum pernah travelling sejauh ini sebelumnya dan belum pernah tau bagaimana kehidupan di Asia seperti apa. Perjalanan di Indonesia ini, kita berada di Balikpapan, Bali dan Jogja. Saya bagi dua blognya biar ga kepanjangan. Berikut saya tulis culture shock yang dia alami: Jauh … Continue reading Mertuaku Kena Culture Shock (Part 1)

Ibu Kutu

Luizenmoeder yang terjemahan bahasa inggrisnya Lice Mother, kalau di Indonesiakan jadi Ibu Kutu. Awalnya saya tau tentang Luizenmoeder ini karena mertua saya berkunjung ke rumah dan minta TV dinyalakan buat nonton Luizenmoeder. Dia suka banget nonton acara komedi berjudul Luizenmoeder ini. Saya jadi ikutan nonton baru kemarin ini. Hehe. Nah Luizenmoeder yang saya bilang Ibu … Continue reading Ibu Kutu

Ikut Pemilihan Di Belanda

Tanggal 20 Maret kemarin, pertama kalinya saya ikut pemilihan di Belanda. Walaupun hanya bisa ikut memilih Het Waterschap karena saya tidak berkebangsaan Belanda, tapi hal ini jadi pengalaman baru buat saya di Belanda. Adrian selain memilih untuk Het Waterschap, juga memilih untuk De Provincie.  Saya hanya akan menceritakan tentang Het Waterschap di blog ini. Het … Continue reading Ikut Pemilihan Di Belanda

International Money Transfer Using Transferwise

This blog is originated from my Indonesian blog related to Transferwise (published in October 2017). For Indonesian version, click here. I make this English version because this is related to international transfer and some of Indonesian that will get a transfer from abroad, they need to translate my blog to his/her partner/friend. So because of … Continue reading International Money Transfer Using Transferwise

Pendidikan Di Belanda

Jadi karena saya harus ujian inburgering, saya pastinya belajar segala macam yang ada di Belanda karena itu bakal ada di ujian KNM (Kennis van de Nederlandse Maatschappij). Salah satu yang saya pelajari yaitu tentang sistem pendidikan di Belanda. Saya perlu tau juga ijazah saya setara pendidikan Belanda yang mana. Nah untuk yang wajib ujian inburgering, … Continue reading Pendidikan Di Belanda

Tahun Baru Di Belanda

Jadi Tahun Baru 2019 adalah pertama kalinya saya merasakan tahun baru di Belanda. Bagaimana kesan yang saya dapat? Sangat meriah dan juga menyebalkan. Belanda termasuk negara yang sangat tenang. Bahkan jika kita punya pesta yang bakal bikin rame sampai malam, kita biasa mengirim pesan ke tetangga untuk memberitahukan hal itu. Daripada mereka jengkel dan kita … Continue reading Tahun Baru Di Belanda

Ubah Gaya Hidup?

Jadi sejak menikah sama Adrian, ada saja obrolan-obrolan yang mempertanyakan barang-barang yang saya punya. Kok HP nya masih Android, ga minta beliin Apple terbaru? Laptop kok Acer sih, minta sama suaminya dong beliin Mac. Suaminya bule, kok pake tas-nya ga bermerek malah pakai tas rajut. Eh kucingnya Adrian itu tipe kucing kampung ya? Kenapa ga … Continue reading Ubah Gaya Hidup?

Apakah Cinta Berbagi Password?

Mungkin bagi sebagian orang, cara untuk mengetahui gimana pasangan mereka yaitu dengan mengecek HP pasangannya. Mereka selingkuh atau macam-macam, bisa dilihat di HP nya. HP jaman sekarang kan udah merangkap semua ya, alat komunikasi, kamera, alat pembayaran, agenda, dll. Jadi semua bisa dilihat di HP. Jadi ada kalimat sakti untuk mengetahui isi HP pasangan dengan … Continue reading Apakah Cinta Berbagi Password?

Mudahnya Pengembalian Barang Di Belanda

Kali ini saya pengen cerita syok budaya (culture shock) yang saya alami tentang pengalaman mengembalikan barang di Belanda. Selama ini yang saya tau, ngembaliin barang yang sudah dibeli itu susahnya minta ampun ya. Tau sendiri kan, di Indonesia selalu ada tulisan di bon "Barang yang sudah dibeli, tidak dapat ditukar/dikembalikan" Salah Barang Jadi kapan hari, … Continue reading Mudahnya Pengembalian Barang Di Belanda

Kematian Di Belanda

Kamis tanggal 23 Agustus 2018 kemarin, Arie, ayah tiri Adrian meninggal dunia. Jadi kami menginap di Enschede, di rumah mertua sementara waktu. Saya ingin share tentang penanganan kematian di Belanda yang juga culture shock buat saya. Maaf kalau postingan agak panjang. Kamis, 23 Agustus 2018 Saya dan Adrian kebetulan sedang membesuk Arie yang sakit karena … Continue reading Kematian Di Belanda