Surat Sponsor Visa Schengen (Belanda)

Jika ke Schengen Area dengan tujuan mengunjungi teman/keluarga, maka apply visa schengen menyertakan surat sponsor dari teman/keluarga yang tinggal di sana. Selain itu, dokumen yang diperlukan untuk visa mengunjungi teman/keluarga, berbeda dengan visa wisata.

Dokumen yang diperlukan untuk visa mengunjungi teman/keluarga: klik di sini.

Untuk cara apply visa ke Schengen Area, klik di sini.

Kali ini saya akan share mengenai apa aja dokumen yang diperlukan dan apa aja yang dilakukan untuk surat sponsor dari Belanda. Surat sponsor ini tidak hanya sekedar surat undangan yang dibuat sponsor terus tanda tangan di atas materai tapi mesti diurus ke kantor balai kota (gemeente).

PS: Karena pengalaman saya saat mengunjungi teman di Belanda beralamat di Utrecht, jadinya info yang saya share berhubungan dengan balai kota Utrecht. Info mungkin berbeda di tiap balai kota (gemeente) atau pun tiap negara.

Bagi sponsor, mungkin bisa baca syaratnya: klik di sini.


DOKUMEN YANG DIPERSIAPKAN OLEH SPONSOR:

  • Form sponsorship and/or private accomodation. Formulir bukti sponsor (hanya ada bahasa belanda): klik di sini
  • Paspor/id card sponsor di Belanda
  • Slip gaji sponsor di Belanda dalam 3 bulan terakhir. Gaji sponsor minimal €1,565.40 per bulan (persyaratan tahun 2017).
  • Kalau sponsor ingin membiayai semua (tidak hanya akomodasi), maka harus ada kontrak kerja yang berlaku sampai 1 tahun ke depan.

HAL YANG DILAKUKAN OLEH SPONSOR:

  • Isi form sponsorship and/or private accomodation, JANGAN ditanda tangani dulu. Untuk cara pengisian, lihat di bawah.
  • Sponsor di Belanda menghubungi balai kota Utrecht untuk janji temu (Telepon: +31 30 286 0000). Sebenernya bisa bikin janji lewat online, tapi kok jadwal yang tersedia masih 1 bulan lagi. Akhirnya lewat telpon dan dapet janji temu 2 hari kemudian.
  • Datang ke balai kota Utrecht di Stadsplateau 1, 3521 AZ Utrecht, Nederland (jangan lupa bawa ID card/paspor). Tanda tangan form di depan petugasnya. Tanda tangan dilegalkan dengan biaya: €15.70 (tarif 2017) di balai kota Utrecht.
  • Jika sponsor di Belanda sudah menikah, pasangannya harus ikut tanda tangan dan kena biaya yang sama. Jadi biayanya itu per tanda tangan, bukan per form.
  • Biaya legalisasi tanda tangan BERBEDA di setiap balai kota. Di balai kota Amsterdam, harganya € 11.50 (tarif 2017). Di balai kota Houten harganya € 10.65 (tarif 2017).
  • Sponsor di Belanda harus datang sendiri dan tidak bisa diwakilkan. Surat sponsor ini berlaku 3 bulan.
  • Setelah form dilegalkan, sponsor kirim ke kita scanan (1) form sponsorship, (2) slip gaji 3 bulan dan kontrak kerja, dan (3) id card/paspor melalui email.

Form sponsorship, paspor/id card sponsor dan slip gaji sponsor tinggal kita print dan lampirkan saat mengurus visa.


PENGISIAN FORMULIR SPONSOR:

1. Gegevens garantsteller en/of logiesverstrekker (ondergetekende): data sponsor

1.1 Naam: nama belakang sesuai id card/paspor

1.2 Voornamen: nama depan sesuai id card/paspor

1.3 Geboorteplaats: tempat lahir

1.4 Geboortedatum: tanggal lahir

1.5 Nationaliteit: kebangsaan

1.6 Geboorteland: negara tempat lahir

1.7 Burgerlijke staat: status pernikahan

  • Alleenstaand: belum menikah
  • Gehuwd: sudah menikah
  • Gesheiden: cerai hidup
  • Weduw/weduwnaar: cerai mati
  • Overig: lainnya

1.8 Telefoonnummer: nomor telepon

1.9 Woonadres: alamat

1.10 Burgerservicenummer: Citizen Service Number (Burgerservicenummer –BSN)

Setiap warga Belanda memiliki BSN. Pendatang yang tinggal di Belanda lebih dari 4 bulan, juga wajib memiliki BSN. BSN diperlukan untuk ijin bekerja, menggunakan jasa kesehatan, membuka tabungan, mendaftar sekolah, dll.

1.11 Nummer paspoort/identiteitskaart: nomor id card/paspor

2. Gegevens huwelijkse/geregistreerde partner van ondergetekende: data pasangan dari sponsor

Data yang diisikan berupa nama belakang, nama depan, BSN, dan nomor id card/paspor. Jika sponsor tidak memiliki pasangan, kosongkan.

3. Verklaring: pernyataan

3.A Pernyataan bahwa sponsor menyediakan akomodasi: Centang Ja jika ya, Nee jika tidak.

3.1 Kolom ini diisi dengan alasan kenapa mensponsori. Misal: Geraldine is een vriendin van mij. Zij heeft aangegeven dat zij graag een bezoek aan Nederland wil brengen. Hierbij verblijft zij bij mij. (Geraldine adalah teman saya. Dia ingin mengunjungi Belanda. Disini, dia akan tinggal dengan saya).

3.2 Diisi dengan waktu lama berkunjung.

3.3 Diisi dengan hubungan sponsor dengan yang disponsori.

Kolom dibawahnya diisi jika sponsor yang mengundang merupakan suatu perusahaan atau organisasi. Data yang diisi berupa nama usaha/organisasi, alamat, nomor telepon dan juga nomor registrasi usaha/organisasi.

3.B Pernyataan bahwa sponsor menanggung biaya kita selama di sana: Centang Ja jika ya, Nee jika tidak.

4. Visumplichtige vreemdeling: data yang disponsori

4.1 Naam: nama belakang sesuai id card/paspor

4.2 Voornamen: nama depan sesuai id card/paspor

4.4 Geboortedatum: tanggal lahir

4.5 Huidige Nationaliteit: kebangsaan saat ini

4.6 Nationaliteit bij geboorte: kebangsaan saat lahir

4.7 Geboorteland: negara tempat lahir

4.8 Burgerlijke staat: status pernikahan

  • Alleenstaand: belum menikah
  • Gehuwd: sudah menikah
  • Gesheiden: cerai hidup
  • Weduw/weduwnaar: cerai mati
  • Overig: lainnya

4.9 Woonadres: alamat

5. Ondertekening: tanda tangan (dilakukan di depan petugas)

Advertisements

48 thoughts on “Surat Sponsor Visa Schengen (Belanda)

    1. Iya harus tetap ada karena surat bekerja sebenernya untuk memastikan bahwa kita akan balik ke negara kita buat bekerja bukan untuk menjadi imigran ketika ke eropa. Kalau masih sekolah, biasanya kasi surat kalau kita pelajar/mahasiswa. Tapi kurang tau juga kalau misal pihak yang apply visa tidak bekerja atau tidak sekolah.

      Like

  1. hello , saya mau ke belanda di undang teman ( sponsor ) dan semua di tanggung sponsor ( surat jaminan dari sponsor sudah saya terima ) trus pada saat mengajukan visa di jkt apakah saya HARUS menyertakan bank statement . kalau tidak punya ato dana tidak tidak cukup gimana dong.
    terima kasih atas jawabannya

    Like

    1. Karena surat sponsor ada yang hanya menanggung akomodasi, tapi living cost tidak ditanggung, makanya bukti keuangan kita tetap diperlukan.
      Tapi kalau semua ditanggung sponsor, kita tidak perlu kasi bukti keuangan kita. Namun sponsor harus menunjukkan surat kontrak kerja yang berlaku sampai 1 tahun dari tanggal apply visa dan juga slip gajinya 3 bulan. Checklist dokumen untuk visa mengunjungi teman/keluarga berbeda dengan checklist dokumen wisata. Kalau untuk mengunjungi teman/keluarga, dokumen yang dibutuhkan bisa dicek di http://www.vfsglobal.com/netherlands/indonesia/pdf/Checklist-Visiting-Family-Friends.pdf

      Like

      1. mba mau nanya , saya mau ke blanda selama 2 minggu pake sponsor . surat dari sponsor yang menjelaskan semua biaya selama berada di sana mereka yang tanggung termasuk asuransi perjalanan , rekening 3 blan mereka , persetujuan ijin tinggal sementara dari kantor lurah/camat setempat juga sudah saya terima , tinggal tiket pswt . pertanyaan saya . 1. saya ga punya rekening koran apakah masih diminta ? 2. apakah masih perlu buat itinerary / tavel schedule ? 3. sambil nunggu tiket aslinya apakah formulir pengajuan visa diserahkan .
        terima kasih atas jawabannya

        Like

        1. 1. Kalo di surat sponsornya sudah menanggung semua biaya, ga perlu kasi rekening kita.
          2. Itinerarynya bookingan tiket PP aja. Bukan tiket aslinya, jadi bookingan yg blum dibayar.
          3. Beli tiket pesawatnya yg beneran dibayar nanti kalau visa sudah approve. Jadi apply visa aja dulu yg penting dokumennya sudah lengkap.

          Like

    1. Iya bener kontrak kerjanya. Jadi buat memastikan kalau dia punya penghasilan ke depannya buat biayain hidup orang yg disponsorin. Tapi kalo dirimu cuma disponsorin akomodasi aja, sponsornya cuma kasih slip gaji 3 bulan dan ga perlu kasi kontrak kerja. Gantinya, rekening bankmu selama 3 bulan yang dicek buat mastiin ada biaya hidup ketika disana. 😉

      Like

  2. Hi ka gerald mau tanyak nih
    Maret nanti aku rencana mau mengunjungi pacar di belanda , kalo kita sudah mendapatkan surat sponsor yg lengkap beserta pernyataan keseluruhan biaya kita di tanggung di sana .. apa masih perlu rekening koran 3 bulan terakhir saat pengajuan visa ?
    Terima kasih

    Like

    1. Kalo visa untuk mengunjungi teman/keluarga dan sudah ada surat sponsor yg menunjukkan bakal membiayai semua, yang penting ada slip gaji 3 bulan sama kontrak kerja yg nunjukin dia masi kerja 1 thn ke depan. Kalo semua udah ada, kita ga usah kasi rekening koran kita. 🙂

      Like

  3. Hai aku mau tanya dong, kalau misalnya sponsor hanya menyediakan tempat kita tinggal (living cost nya aku yang bayar sendiri), apa si sponsor juga tetap harus mengirim kontrak kerja & payslips 3 bulan mereka? Makasih sebelumnya

    Like

    1. Hi.. sponsor di Belanda wajib memberikan slip gaji jika ingin menjadi sponsor tempat tinggal. Tapi tidak perlu memberi kontrak kerja jika living cost pakai biaya sendiri (gantinya rekening bankmu).
      Kenapa slip gaji sponsor tetap diminta, karena dia menanggung akomodasi, jadi harus dianggap ‘mampu’ membiayai akomodasi selama disana. Slip gaji ini sih sepertinya garansi aja, soalnya ga ada syarat bukti kepemilikan rumah. Hehe bakal ribet banget kalo sampe minta sertifikat rumah 😉

      Like

  4. Hi, ini blog sangat bermanfaat. Sangat membantu.
    Namun bisa bantu jawab kah….
    Kalau Saya belum bekerja, surat sakti yang dibutuhkan untuk mengetahui si pemohon akan balik lagi ke Indonesia… Kira-kira surat apa ya?

    Like

  5. ada yang ketinggalan pertanyaannya, apakahSurat sponsor ini berlaku 3 bulan dari tanggal keberangkatan? masalahnya saya adalah orang yang disponsori. akan menetap di belanda selama 2 bulan lebih dikit. makasih lagi …..

    Like

    1. Surat sponsor valid 3 bulan setelah ditanda tangani dan dicap di gemeente. Jadi sebelum 3 bulan itu habis, harus sudah dipakai buat apply visa. Langsung urus visa aja begitu surat sponsor ada, karena 3 bulan dihitung saat sudah dicap gemeente bukan dari keberangkatan. Kalau di Belanda lama, ga papa. Udah ga ada hubungannya sama yang 3 bulan ini.

      Like

  6. Makasih buat Jawabannya. ada yang ketinggalan pertanyaannya, apakah Surat sponsor ini berlaku 3 bulan dari tanggal keberangkatan? masalahnya saya adalah orang yang disponsori. akan menetap di belanda selama 2 bulan lebih dikit. Sorry aku repost lagi. Kali ga kebaca. makasih

    Like

  7. Juni nanti diundang teman ke belanda, semua biaya di tanggung sama dia. Masalahnya saya gak bekerja, gak kuliah ataupun sekolah, sehari hari hanya jualan online aja sih. Gimana ya ? aku bingung,

    Like

    1. Kalau ada bukti kepemilikan rumah di Indonesia, bisa dibuktikan dengan itu. Yang penting bukti bahwa kita akan kembali ke negara ini karena ada tanggungan di Indonesia. Bukti ini diminta sebagai bukti kalau kita bakal pulang, bukannya jadi imigran. Namun jujur kalau usahanya online, buktinya bagaimana ya. Saya kurang tau masalah ini. 😦
      Namun mungkin bisa saya bantu sedikit bahwa Peraturan Menteri Perdagangan Nomor. 36/M-DAG/PER/9/2007 di pasal 4, ada informasi bahwa usaha perseorangan tidak perlu SIUP. Coba saja print informasi itu dan buat tulisan yang menceritakan mengenai usaha onlinemu lengkap dengan alamat onlinenya seperti link instagram atau facebook (tergantung dirimu jual lewat apa). Jelaskan juga berapa pendapatannya per bulan dan sudah berapa lama usaha tsb. Tuliskan dalam bahasa Inggris. Semoga hal ini bisa membantu meyakinkan kedutaan bahwa kita akan kembali ke Indonesia.

      Like

  8. ini blog asik juga, bermanfaat banget. Saya mau tanya sedikit mengenai pengisian Formulir Sponsor. Apakah 1. formulir ini bisa tulisan ketikan atau harus tulisan tangan ?, 2. Apabila tulisan tangan, yang mengisi data harus tulisan tangan yang mensponsori saya atau bisa diisi oleh saya di formulir yang dikirimkan hasil scan nya ke saya hanya berisi tanda tangan pemberi sponsor? Duh ribet yah bahasa aku. semoga ngerti. makasih

    Like

    1. Formulirnya sih dalam bentuk pdf ya. Kemarin langsung kita print aja dan ditulis tangan sih. Kalo untuk formulir sponsorship nya, yang ngisi sponsornya dan dibawa ke gemeente (catatan sipil di Belanda) sekalian bayar, lalu tanda tangannya didepan petugasnya. Setelah formulir di cap sama petugas, bisa dikirim scannya ke orang yang disponsori (sudah diisi lengkap, ditanda tangani, dan sudah dicap gemeente)

      Like

  9. Mba ak berangkat masih Juli..tapi kakak ku ngurus surat sponsor a udh jadi tgl 10 kmrn…gmn tuh,bs kan KL aku urus visa a nanti bln april? Satu lagi ak ditnggungsmua am sponsor,cukup bukti surat sponsor aja kan GK ada lain a ?ma ksih

    Like

    1. Berarti itu suratnya bisa dipakai sampai Mei. Jadi sebelum Mei, langsung buat visa aja. Kakakmu kasi aja scanan surat sponsor sama bukti kakakmu bisa menanggung biaya hidupmu ya, seperti slip gaji 3 bulan sama kontrak kerjanya ke dirimu. Nanti tinggal diprint aja dan disertakan saat apply visa.

      Like

  10. Halo, saya mau tanya,, selama ini saya ke Belanda dengan surat undangan dr Papa mertua, kali ini mama saya juga akan ikut berkunjung ke belanda. Pertanyaan saya apakah 1 orang sponsor bisa mengeluarkan undangan untuk 2 orang dalam waktu yg sama? (Untuk saya dan mama saya)
    Terima kasih

    Like

  11. Sore mbak.. saya Ika.. mau tanya waktu mbak mengurus visa kan harus melengkapi berkas salah satunya .. bukti Bookingan tiket pesawat PP….

    mbak booking tiket pesawatnya lewat mana..?
    apakah bisa membooking tiket pesawatnya melalui Travel agent mana saja..?

    Like

    1. Hi Ika.. saya waktu itu bikin dummy tiket dari agen travel.. biasanya ada harganya sih dari travel agent untuk bikinin dummy tiket. Biasanya sih 100 ribu. Kalau saya sih kebetulan ada kenalan yang punya travel agent jadi dikasi gratis. Tapi travel agent mana aja bisa bikin dummy tiket.

      Like

  12. siang saya mau tanya. jadi itu surat sponsor gementee nya gak harus yang asli ya untuk aplly visanya. tp scan jg boleh? dan juga untuk dokumen pendukungnya seperti rek koran. dan satu lagi kalau sudah pake rekening koran apa masih perlu slip gaji orang yang mensponsori jg?

    Like

    1. Surat dari gementeenya scanan aja. Ga perlu yang asli.
      Iya perlu memberi slip gaji sponsor karena salah satu syarat sebagai sponsor adalah gaji minimum €1,565.40 untuk saat ini. Dan slip gaji ini sebagai bukti kalau dia “mampu” sebagai sponsor.

      Like

  13. Untuk semuanya yang pake visa sponsor tapi pengangguran dan tidak sekolah, kemarin aku GRANTED dan dapat yang MULT juga. Kemarin document yang di bawa.
    Dari Sponsor kamu :
    1. Surat Sponsor Dari Gementee (Kemarin temanku kirim dari gementee den haag)
    2. Kontrak Kerja sponsor
    3. Proving Adress sponsor (Teman ku mengrim surat alamat lengkap rumah dia dan di legalisir/stempel sama kaya lurah gitu)
    4. Salaries struk/slip gaji sponsor 3 bulan terakhir (Karena aku buat april, jadi temanku kirim yang Januari, Februari, Maret)
    5. Copy passport sponsor
    6. Statement Letter (suruh sponsor kamu membuat dan mengetik sendiri yang isinya seperti permohonan, dan menjelaskan tentang kamu bahwa selama kamu dibelanda akan mematuhi peraturan disana, dan menjamin tidak akan mencari kerja atau menetap permanen kaya gitulah, di google juga banyak kok contohnya terus di tandatangani sama sponsor)

    Dari kamu :
    1 Isi form visanya (Aku isi/edit pake adobe reader. di isi sama pulpen juga gak masalah kok)
    2. KTP (aku bawa asli sama photo copynya 1 lembar aja)
    3. PASSPORT (bawa yang masih berlaku sama yang expired jika kamu punya dan sama photo copiannya depan belakang)
    4. KK (Bawa asli ama photo copian)
    5. Reservasi tiket penerbangan (ini gratis masuk aja ke situs qatar airways pesan sesuai jadwal kamu, print deh. Usahakan buat ini, 1 hari sebelum tanggal appointment)
    6. Asuransi (Aku pakai AXA smart traveler 30 hari, kemarin maret aku beli harganya 1.100.000 . tapi diskon jadi Rp 800.000. masuk website axa isi data dan bayar, polis langsung dikirim ke email, bawa yang berbahasa inggrisnya saja)
    7. Photo 1 biji (Aku photo disana 4 biji, pas dipanggil mbak vfsnya ramah koq. nanya photonya belum ada ya pak, aku jawab iya belum sempat, lalu dia bilang ok photo dulu disana ya pak, ke tukang photo di vfs bayar cash dan mbak vfs nya nungguin sampe kamu kembali koq)

    Aku gak pakai surat keterangan kerja (karena memang real pengangguran) kuliah juga kagak. jangan panik, di sana ramah ramah koq.
    Aku juga gak bawa akte lahir (Orang tua kampung, tau apa tentang akte) alias gak punya akte.
    KK dan KTP di translate ? Ya aku translate bayar 150.000 tapi pas di embassy gak di tanyain.
    Tapi semuanya tergantung vfs nya, mungkin kamu akan berbeda dengan ku. Kalau belum dicoba kita gak akan pernah tau
    Aku Grated, dapat Multiple type C.

    Like

Please Feel Free to Leave a Comment

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s