Money Changer

Jadi, sebelum travelling ke luar negeri, saya selalu tukar uang Rupiah ke US Dollar. Kenapa US Dollar? karena US Dollar diterima di negara manapun. Jadi walaupun tukar Rupiah ke Dollarnya kelebihan, bisa dipakai buat traveling selanjutnya.

Sebelum berangkat, kenapa ga tukar rupiah langsung ke uang lokal negara tujuan?

Saya orangnya ga pinter mengira-ngira berapa pengeluaran di tempat tujuan. Dan juga kalau negaranya kurang terkenal, rate nya juga bakal ga bagus. Karena jarangnya orang yang tukar ke mata uang itu. Seperti saat saya akan ke Vietnam atau Kamboja, rate Rupiah ke Vietnam Dong dan Cambodian Riel, kalau dihitung2 malah rugi.

Tukar rupiah langsung di negara ASEAN bukannya mudah?

Ga juga. Untuk Malaysia dan Singapore mungkin mudah. Tapi saat saya di Thailand, saya ditolak beberapa money changer karena mereka tidak menerima rupiah (kecuali tukar di bandara).

Apa masalahnya tukar di bandara?

Ga ada masalah. Asal ikhlas sama rate yang ga bagus. Jadi saya tukar Dollar yang saya punya ke uang lokal secukupnya. Untuk transportasi ke hotel dan makan sekali (tiap mendarat pasti lapar. hihi). Begitu sampai di tengah kota, baru tukar uang untuk travelingnya. Makanya penting untuk tau lokasi money changer di deket hotel.

Tukar uang selain di money changer?

Saat di Hanoi, di utara Hoak Kiem Lake ada tourist center, yang melayani penukaran uang dan saya lihat ratenya bagus. Tapi ingat, beberapa tempat penukaran memberlakukan biaya tambahan. Dan ternyata tourist center ini pun memberlakukan biaya tambahan (ga ada infonya di tempat itu kalau ada biaya tambahan), jadi dihitung-hitung ratenya jadi jelek.

Kalimat andalan saya saat tukar uang:

How much [local currency] will I get if I change [your currency + nominal] ?

e.g: How much Vietnam Dong will I get if I change 100 US Dollar?

Ini kalimat halus buat tau ada biaya tambahan apa ga. 😀

Akhirnya karena ratenya jelek, saya googling tempat penukaran uang di Hanoi dan disarankan tukar uang di toko perhiasan. Jadi saya coba ke Hang Bac Street yang ada toko perhiasannya. Ada beberapa toko perhiasan dan saya ragu karena ga ada tulisan money changer/money exchange. Tapi saya lihat tulisan L’ARGENT yang mana itu bahasa perancis artinya uang. Saya masuk aja ke toko perhiasan di situ dan sok-sok tanya “Excuse me, do you know where I can exchange my money?”. Langsung deh yang jaga toko bilang kalau bisa tukar di situ. Dan ternyata ratenya bagus TAPI uang harus rapi jali. Uang Dollarku ada yang lecek dikit ditolak, padahal Vietnam Dong nya dia lecek  -_-

Jadi menurut saya, mengetahui lokasi money changer terdekat dengan tempat tinggal selama liburan itu penting. Karena saat di Kamboja dan saya ga tau lokasi tempat penukaran uang, saya diarahkan untuk tukar di kios kecil yang ratenya jelek banget. Mau ga mau jadi tukar di situ.

Punya cerita tentang money changer?

6 thoughts on “Money Changer

  1. Di indonesia kalo tuker duit juga harus rapi duitnya (pengalaman suami dulu sering money changer pas liburan ke indonesia), pernah juga pas transit di srilanka mau beli souvenir tp gak punya uang lokal dan money changer gak ada kalo gak salah, akhirnya bayar pake euro, rugi bandar banget :-)), pas pulang ke Romania lumayan banyak money changer dan rate nya juga bagus2 jadi nukar duit dikit2 aja 😀

    Like

    1. Iya bener. Kalau lecek langsung ditolak. Jadi aku masih simpen itu dollarnya yang lecek ga laku. Huhuhu. Padahal sama2 uang.
      Iya aku juga pernah belanja di Vietnam pake Dollar karena mau tukar pas ga ada money changer, pas diitung2 banyak banget selisihnya.

      Like

  2. Aku suka nuker rupiah ke dollar di indo, nanti di tujuan tinggal dollar ke lokal hehe. Pernah itu butuh Turkish Lyra, lalu pas di MC deket rumah ada dan tuker rupiah – TL dikit karena mikirnya buat pas awal-awal disana. Eh ternyata kalo di turki tuker di bandara ga sadis-sadis amat…

    Like

    1. Kalau aku selalu ada aplikasi XE di HP buat ngecek kurs. Jadi kalau ga jauh2 beda, baru aku tuker. Tapi memang selalu tuker dikit dulu buat jaga2 aja sebelum tukar beneran di tempat penukaran yang resmi.

      Like

Please Feel Free to Leave a Comment

