Belajar Untuk Ujian Inburgering A1

Untuk mendapatkan visa tinggal sementara di Belanda, salah satu syaratnya adalah lulus ujian Inburgering. Ujian ini dilakukan di Kedutaan Belanda dan ada pada tingkat A1 yang akan membantu kita mendapatkan visa sementara. Bisa dibaca di website DUO. Kenapa sementara, karena setelah di Belanda harus ujian A2 dalam waktu 3 tahun supaya dapat ijin tinggal yang tetap.


PENDAFTARAN

Ujian ini didaftarkan dan dibayarkan oleh pasangan saya di Belanda. Pendaftarannya melalui website DUO. Setelah dibayar, kita akan dapat email konfirmasi dari DUO dalam 5 hari kerja. Setelah dapat email konfirmasi, kita tinggal telpon ke konsulat Belanda di Jakarta (021-5248200) buat bikin janji kapan ujiannya. Saya bikin janji buat ujian 1 Maret 2018. Setelahnya kita akan dapat email appointment yang akan kita print dan bawa saat ujian.

Biaya ujian inburgering adalah € 150 yang terdiri dari:

Exam Cost
Speaking (speaking skills) € 60
Reading (reading skills) € 50
Knowledge of Dutch society (KNS) € 40

BAHAN-BAHAN BELAJAR

Bahan-bahan untuk belajar bisa di download di website Naar Nederland. Dijual juga paketannya seperti buku dan CD. Sebenernya bahan yang di download di website dan paketan tu sama. Hanya aja, Adrian belikan paketannya di toko buku di Utrecht seharga € 25 padahal bahan ujian sudah saya download dari web nya.

Saya nemu juga websitenya bahan belajar ujian inburgering ini di website Adappel. Saya dibelikan juga bukunya oleh Adrian.

Kalau mau sekalian belajar bahasa Belanda, bisa belajar lewat Dutchpod101. Untuk dutchpod101, kalau signup pertama, dapat 7 hari akses premium ke audio dan bahan-bahan belajarnya. Kalau lewat dari 7 hari, terpaksa bayar untuk bisa akses audio dan bahan-bahan belajarnya. Atau bisa juga belajar dari youtube learndutch.org.

Selain itu, saya juga ada buku Dutch For Dummies. Saya lihat buku ini bagus karena banyak kasi contoh percakapan.

Untuk pengucapan bahasa Belanda, website Hear Dutch Here sangat membantu.

Kenapa saya sampe dapet bahan banyak banget. Ya namanya juga panik harus ujian, jadi begitu nemu bahan langsung save linknya. Hehe…

Dari semua yang bahannya bisa didownload dari web, malah dibelikan sama Adrian fisiknya, ya karena dia ikut panik. Jadi semua bahan ujian dibeli. 😀


SAAT UJIAN

Saya dapat ujian jam 13.15 yang mana saya harus sudah datang jam 13.00 di konsuler. Ketika ujian, kita wajib membawa bukti appointment dan paspor. Saat ujian kemarin, paspor saya ada di VFS karena saya pakai buat Visa Schengen, jadi sebagai ganti paspor, saya bawa fotokopi paspor dan KTP.

Ujiannya itu kita ada dalam 1 ruangan sama 1 petugas konsuler. Saya saat itu bersama Mevrouw Anna (atau Anne ya). Kita berhadapan dan terpisah kaca. Sebelum ujian, akan diambil sidik jari dan foto. Didepan kita ada komputer dan headset yang akan dipakai sepanjang ujian.

Awalnya gugup tapi Mevrouw Anna orangnya baik banget dan bikin suasana ga tegang. Jadi waktu mau ujian udah ga gugup lagi. Beliau juga kasi tips buat jawab pendek aja saat tes speaking untuk menghindari kesalahan. Yang penting sesuai sama yang ditanyakan.

Ujiannya ga langsung tiga bagian. Jadi ujiannya itu Speaking Test, jeda, Reading Test, jeda, lalu KNS. Ditiap jeda itu diajarin cara ngerjainnya dan ada contoh soal sambil coba ngerjain, sebelum tes sesungguhnya.


Speaking Test

Ujian ini terdiri dari 2 bagian selama 30 menit. Untungnya sebelum ujian, saya nemu website yang bagus banget yaitu Adappel. Di websitenya ada pertanyaan yang akan ditanyakan, serta alternatif jawaban. Untuk jawaban sebenernya terserah kita, tapi kalau ada alternatif jawaban, kan jadi lebih mudah. Jadi saya tinggal pelajari soal-soal dan jawabannya.

  1. Tanya-Jawab

Di bagian ini, akan ada video orang yang akan memberi pertanyaan. Kita menjawab dengan merekam suara kita. Akan ada 10 pertanyaan saat ujian. Untuk pertanyaan yang akan keluar dan alternatif jawaban, klik di sini.

speaking

2. Melengkapi kalimat

Di bagian ini, kita melihat foto dan pertanyaan, serta mendengarkan pertanyaannya. Kita menjawab dengan merekam suara kita. Akan ada 12 pertanyaan saat ujian. Untuk pertanyaan yang akan keluar dan alternatif jawaban, klik di sini.

speaking2

Reading Test

Reading test ini terdiri dari beberapa bagian dan waktunya 35 menit.

  1. (1) Kita mendengarkan sebuah kata, dan harus memilih dari 4 kata tertulis di pilihan ganda. (2) Kita melihat sebuah kata, dan harus memilih dari 4 audio yang mana kata yang benar.

reading

2. Kita melihat soal cerita, dan ada pertanyaan setelahnya. Jawabannya pun pilihan ganda.

reading2

Untuk reading test ini, banyak-banyakin belajar kosa kata aja. Aslinya semua jawaban ada di paragraf bacaan cuma karena jawaban hampir mirip, jadi kadang bingung. Tapi kalau pun bingung saat ujian, hitung kancing aja soalnya jawabannya pilihan ganda. Hehe.

Untuk latihan-latihan reading test, saya nemu di websitenya Adappel. Silahkan klik di sini dan klik di sini.

KNS

Bagian ini adalah bagian yang paling mudah karena pertanyaan dan jawaban sudah ada di website Naar Nederland, jadi tinggal dihapalin aja. Akan ada gambar dan pertanyaan, jawabannya pilihan ganda. Saat belajar, jangan dihapalin gambarnya karena gambarnya rata-rata dipakai buat beberapa pertanyaan. Pelajari betul maksud dari pertanyaannya, dan hapalkan jawabannya.

kns

Dari 100 pertanyaan di bahan-bahan ujian, akan keluar 30 soal pertanyaan saat ujian. Soal dan jawaban, klik di sini. Untuk audionya, bisa download di websitenya Naar Nederland.

Bahan ujian KNS bisa juga di cek di websitenya Adappel.


Kalau mau latihan, bisa cek:

http://www.exercisesinburgering.nl/inburgering-buitenland

Bisa juga latihan melalui website DUO. Tapi untuk link oefen examen DUO, kadang suka ga kebuka saking beratnya. Cek linknya di bawah ini:

Speaking Test

Reading Test

KNS


Hasil ujian akan diinfokan langsung ke email kita dan pasangan dalam waktu 8 minggu.

UPDATE: Hasilku keluar dalam 5 minggu dengan nilai sempurna. Alhamdulilah.

Semoga blog ini membantu bagi yang ingin ujian inburgering juga. Good Luck 🙂

Beberapa orang mengeluhkan link belajar yang tidak jalan. Saya ambil dari website adappel. Mungkin bisa cek link ini: https://adappel.nl/lesmateriaal

57 thoughts on “Belajar Untuk Ujian Inburgering A1

  1. Gimana, gampang? Apa yang paling susah?. Semoga lulus ya. Aku saking traumanya sama A1, sampai sekarang rasanya denger namanya aja bergidik haha. Stressnya ngelebihi sidang tesis. Ya stress soalnya langsung keluar hasilnya dan kalau gagal satu musti ngulang semua. Melayang deh uang €350. Walaupun lulus, tapi tetep rasa stressnya masih terbayang sampai sekarang. Saking stress parah ya, sampai Pak David (petugasnya) langsung ngasih tahu nilai spreken begitu selesai. Pas tau nilainya tinggi, jadi kayak “lho, ga salah nih orang kedutaan” 😅
    Adappel itu memang membantu banget. Apalagi yang ONA, dia sampai buatkan tutorialnya jelas banget di YouTube. Tapi tetep saja sih, belum kukerjakan saking malesnya. Minta perpanjangan waktu ke DUO akhirnya, sebelum kena denda.

    Like

    1. Alhamdulilah lancar waktu ujian. Sebelum ujian gugup, pas ujian ilang gugupnya. Yang reading malah kadang ragu pas ngerjain karena pas nemu vocab yang ga ngerti, stres pengen tau itu artinya apa. Padahal kalo jawab dikira2 bisa. Cuma pengen tau arti paragrafnya, jadi ga salah sama sekali. Haha pengen sempurna banget.
      Berharap langsung lulus biar bisa lanjut MVV. Habis itu pengen langsung kursus di belanda dan kelarin A2 biar ga ada tanggungan lagi ujian.

      Like

  2. Halo kak geraldine… Salam kenal ya namaku zara… Kak aku pengen tanya beberapa hal soal ind sponsor…tapi gak dapet email kaka..boleh kah aku memintanya? Hehehe thanks kak soalnya aku lg mumet bgt

    Like

  3. mbak, saya numpang promosi y, bagi teman2 yg mau beli buku paket naar nederland silahkan email ke saya vello_v@yahoo.com plus didlm ada juga saya lampirkan bahan2 materi bekas dari ujian saya. semoga bisa membantu thanks

    Like

    1. Materi ujian bisa dilihat di link yang saya kasi ya terutama Speaking dan KNS karena soal yang keluar, semua dari situ. Jadi tinggal hapalin aja. Untuk Reading bisa belajar2 dari bahan di website Naarnederland yg bisa didownload secara gratis. Yang penting banyakin kosa kata aja. Soal Reading juga pilihan ganda dan jawaban bisa dicari di paragrafnya, jadi tidak terlalu susah.

      Like

  4. Kak geraldine ini Saya mau ikut ujian inburgering nich ini sy lihat Kk baru aja ikut ujian JADI gmna Kk sya sudah pelajari semua yg Kk tulis di blog Kk JADI kasih tau dong Kk gimana apakah ITu ja yg di ujian Kk ,, makasih di tunggu Ya Kk

    Like

      1. Kak maaf aku mau nanya, di website naar nederland itu kan ada sampel examen, apakah bagian ujian spreeken soal pertanyaan nya benar sama dengan sampel? karena saat aku baca deskripsi dan ku translate, contoh soal ujian dan ujian sebenarnya berbeda. Aku masih kurang pede sama bagian yang spreeken karena aku belum terlalu paham untuk conversation bahasa belanda:((

        Like

  5. Halo Mbak Geraldine, salam kenal. Saya Lisa dari Bogor.

    Saya sedang mempersiapkan diri untuk ujian inburgering. Bolehkah saya minta PDF Dutch for Dummies?
    Kalau boleh, nanti saya kirim e-mail ke Mbak Geraldine utk. info alamat e-mail saya 🙂

    Btw, menurut saya, tulisan2 Mbak di blog ini padat berisi: to the points dan informatif. Jadi, sangat menarik untuk dibaca 🙂

    Thanx for sharing, sangat bermanfaat 😉

    Like

  6. Hi Geraldine, dari sekian banyak artikel seliweran di internet, kayaknya hanya artikel punya mu yang paling jelas, gak berbelit-belit dan sangat membantu. Thanks banget udah sharing. Mau tanya juga, kalau untuk hasil test nya sendiri apakah bisa kita print dari email yang dikirim ke kita atau kita harus mengambil hasil testnya di kedutaan?
    Makasih…

    Like

  7. mba geraldine sangat membantu sekali dan orangnya baik banget mau nolong kita yg lagi bingung buat ujian hehe…btw terima kasih banyak atas bantuanya dan semoga mba dan suami diberi kesehatan dan selalu dalam lindungan Tuhan Yang Maha Esa ….succes selalu

    Like

  8. Hai Ka Geraldine

    salam kenal, aku aline.. Begitu ketemu artikel ini rasanya kaya dapet oasis di sahara ^^. Aku baru mau mulai belajar buat ngadepin Inburgering ni dan kelabakan bingung harus mulai dari mana. Artikel nya bagus banget informatif dan ngebantu bgt, jadi jelas arah yang harus aku ambil gimana.

    Makasi ya ka untuk artikel nya dan, kalau boleh aku juga mau minta PDF Dutch for Dummies ya, inshaa Allah aku segera email, semoga ka Geraldine bisa bales email aku segera.. ^^

    Like

  9. Hai kak Geraldine salam kenal ya 🙂
    Asli artikel kamu menarik banget isinya , kebetulan aku juga ada rencana buat ambil test nya , tapi aku bingung apa harus ambil kursus dulu khusus paket yg inburgering atau cukup dg link2 yg kamu kasih ya ? Mohon pencerahannya ya 🙂

    Oiya kalau boleh aku mau minta dikirimin PDF Dutch for dummies nya ya kak .. aku email ya kak .. terimakasih 🙂

    Like

  10. Hallo Kak Geraldine, salam kenal.

    Puji Tuhan ketemu blog kakak yg sangat membantu dan kasih gambaran perihal ujian MVV.
    Btw saat ini aku sudah sebulanan belajar dr paket buku Ad Appel yang dibeli pacarku. Jadi dia yg ajarin aku. Pertanyaanku kak kalau sekira kita belajar seperti itu tanpa ikut less bahasa Belanda brp lama kira2 waktu yg dibutuhkan untuk persiapan ujian ini? (kondisi aku belajar paling seminggu sekali atau 2 kali, tiap belajar juga paling 1 atau 2 BAB)
    Trus denger2 infonya materi setiap tahun pasti tambah sulit ya kak?

    Btw aku mau minta pdf Dutch for Dummies yah kak. Terima kasih kak.

    Like

    1. Kalau aku dulu belajar dari bahan2 yang aku taruh di blog ini ya. Ada linknya juga semua. Jadi bisa belajar dari situ. Aku belajar setiap hari sedikit2. Aku belajar 3 bulan tanpa kursus. Tiap org beda2 kecepatan belajarnya, bisa jadi dirimu lebih cepet. Setau aku materi ujian belum berubah, jadi bahan dariku masih relevan.
      Kalau dutch for dummies, kirim email aja ya ke geraldine.titarina@gmail.com nanti aku kirim lewat email.

      Like

  11. Halo sist.. saya akan menikah dgn wna yunani yg menetap di belanda.. bolehkah sis saya minta bahan belajar bahasa belanda yg pdf ke email? Utk bahan persiapan membuat mvv nanti. Terima kasih sis sebelumnya.

    Like

  12. Halo Geraldine. Terima kasih sudah menulis blog yang sangat bermanfaat, khususnya link2 yg kamu share. Saya rencana akan ikut test A1 di bulan Desember. Apakah bisa kamu share Dutch for Dummies nya ke email saya? Terima kasih ya.

    Like

  13. Halo kak Geraldine. Thanks udah share blog yang bermanfaat banget :(( aku lagi persiapan ujian oktober tahun ini buat ke belanda.. buku2 naar nederland juga aku udah punya, tapi untuk belajar waktuku gak terlalu senggang karena aku masih on duty, apa aku boleh minta share dutch for dummies nya kak? Terimakasih ya..

    Like

  14. hi mba geraldin…mkasih banget udah share blog yang bermanfaat, apalagi bagi aku yang masih baru mulai belajar bahasa Belanda. awalnya binggung mau cari bahan belajar dimana sama hal-hal apa aja yang di siapin untuk belajar bahasa belanda, but pas aku buka blog-nya mba aku berasa menu air di padang pasir yang tandus, pokoknya makasih banget undah share ilmunya mba….

    Like

  15. Kak saya Al, kan kakak lagi ngurus visa schengen juga, itu kalo udah dapat visa nya dan kita mau lanjut bikin mvv dalam waktu yg berdekatan bisa gak ya kak?terimakasih kak

    Like

  16. Salam kenal ka, beruntung banget baca artikel ini karena pas pulang dr belanda langsung pengen coba mvv dan modal nekat aja, mo coba bulan depan dengan dutch knowledge yang NOL Besar jd bener2 mau mempersiapkan semua dari basic, bisa minta PDF buat dummies, nanti saya email y,

    terima kasih ka.

    Like

Please Feel Free to Leave a Comment