Ngintip Ahh…

Salah satu hal lain yang bikin saya membandingkan Belanda dan Indonesia adalah tentang bagaimana orang asing bebas melihat isi rumah orang Belanda. Eits.. jangan salah kira terus boleh masuk rumah sembarangan. Hal yang saya maksud disini adalah rumah-rumah di Belanda yang terdiri dari jendela kaca-kaca dan jarangnya mereka pakai korden seperti yang biasa kita punya … Continue reading Ngintip Ahh…

Advertisements

Asuransi? Maaf Tidak Tertarik

Jadi blog saya ini bakal banyak share tentang culture shock saya tentang Belanda. Dan salah satunya adalah mengenai asuransi. Memang sih yang saya tau negara maju pasti menerapkan asuransi yang baik untuk warganya. Namun tak disangka saya akan keheranan mengenai asuransi yang banyak banget untuk orang Belanda. Kemarin saat di Belanda, tiba-tiba mobil kami disalip … Continue reading Asuransi? Maaf Tidak Tertarik

Supermarket Kejujuran

Pasti sering denger istilah kantin kejujuran kan?! Nah ini tu kantin yang mana kita ambil barang yang mau dibeli dan bayar sendiri di tempat yang disediakan. Jadi ga ada yang nungguin. Karena tempat bayarnya biasa kaya ember-emberan gitu, bisa ambil uang kembalian sendiri. Btw, ada yang berhasil ga sih? Karena rata-rata kantin kejujuran yang saya … Continue reading Supermarket Kejujuran

Bebas Bulu

Judulnya udah kaya tagline iklan krim penghilang bulu belom. Hehe. Jadi saya lagi pengen share pengalaman saya ngilangin rambut-rambut tidak diinginkan di tubuh. Saya ini tipe yang hormon bulunya banyak kayanya karena saya punya kumis tipis. Emang ada ya hormon bulu. Hihi. Saya pernah nyoba beberapa cara buat hilanginnya rambut-rambut tak diinginkan ini. Cara-cara yang … Continue reading Bebas Bulu

Kebingungan Beli Sepeda Di Belanda

Jadi karena Belanda dikenal sebagai negara sepeda, pastinya transportasi ini didukung dengan infrastruktur yang baik dari negaranya. Di Belanda, jalan khusus pesepeda ada dimana-mana dan ada lampu lalu lintas khususnya juga. Karena saya berencana untuk selalu menggunakan sepeda untuk pergi ke tempat yang ga terlalu jauh atau pun hanya untuk jalan-jalan keliling perumahan, akhirnya saya … Continue reading Kebingungan Beli Sepeda Di Belanda

Hewan Peliharaan Di Belanda

Salah satu ciri khas budaya orang Belanda yang sangat berbeda dari orang Indonesia adalah cara orang Belanda menyayangi hewan peliharaannya. Orang Belanda sebagian besar memiliki hewan peliharaan. Anggota Keluarga Begitu pentingnya hewan peliharaan, bahkan sudah dianggap anggota keluarga. Beberapa keluarga bahkan menganggap hewan peliharaan seperti bayi mereka. Orang Belanda bahkan menambahkan nama hewan peliharaan mereka … Continue reading Hewan Peliharaan Di Belanda

Mendaftarkan Pernikahan Indonesia di Belanda

Untuk dokumen sebelum menikah dengan WN Belanda, klik di sini. Jadi setelah menikah, buku nikah harus didaftarkan juga di Belanda agar pernikahan di Indonesia diakui juga di sana. Sebelum di bawa ke Belanda, buku nikah harus dilegalisasi dulu oleh Depag, Kemenkumham, Kementrian Luar Negeri, dan Kedutaan Belanda. NOTE: (1) Pastikan data di buku nikah tidak … Continue reading Mendaftarkan Pernikahan Indonesia di Belanda