Mertuaku Kena Culture Shock (Part 1)

Jadi lebaran 2019 ini pertama kalinya ibu mertuaku ikut ke Indonesia. Dia belum pernah travelling sejauh ini sebelumnya dan belum pernah tau bagaimana kehidupan di Asia seperti apa. Perjalanan di Indonesia ini, kita berada di Balikpapan, Bali dan Jogja. Saya bagi dua blognya biar ga kepanjangan. Berikut saya tulis culture shock yang dia alami:

  • Jauh

Perjalanan kita bisa dibilang sangat melelahkan karena kita yang biasanya pakai Garuda Indonesia, kali ini kita pakai China Soutern Airlines.Β Kita telat beli tiketnya dan itu peak season ke Indonesia pas lebaran. Makanya harga tiket normal melambung. Pesawat kita transit di Guang Zhou dan sampai Indonesia pun masih harus naik pesawat lagi ke Balikpapan.

Dari rumah kita di Belanda, sampai rumah di Balikpapan (door to door), total perjalanan sekitar 32 jam. Capek banget kan. Ibu mertuaku bener-bener merasa itu perjalanan jauuuuuhhhhh banget buat dia. Sebelumnya dia pernah bilang pengen ke Australia kapan-kapan. Nah begitu tau Indonesia aja jauh banget, dia langsung bilang ga mau jalan sejauh ini lagi. Ya untuk wanita berumur 62 tahun, perjalanan ini pasti melelahkan.

  • Naik Motor Sekeluarga

Saat kita jalan naik mobil, tentunya banyak seliweran motor-motor disamping kita. Mendadak ibu mertuaku langsung ngomong “Ya ampun itu naik motor sekeluarga berempat”. Kenapa anaknya ga pakai helm, padahal orangtuanya pakai helm?”, “Ya ampun itu ada juga yang bawa bayi kecil digendong naik motor”. “Itu anaknya kenapa ga duduk malah berdiri”. Saya yang sudah terbiasa lihat pemandangan seperti itu tentu aja kasi responnya senyum-senyum aja sambil bilang itu sudah biasa.

  • Ayam Keliaran

Pada saat ibu mertuaku santai di teras rumah, mendadak dia masuk sambil manggil-manggil orang di dalam rumah. Dia manggil “Cepat-cepat sini keluar“. Begitu keluar, dia nunjuk ke arah ayam yang lewat depan rumah. Saya sampai bingung dan tanya kenapa. Dia bilang “Itu ada ayam“. Saya yang masih bingung apa hubungannya, pelan-pelan mulai sadar kalau ayam di Belanda di kandangin semua.

Langsung deh saya bilang “Disini ayam ga dikandangin, dibiarin aja lepas. Ya resikonya kadang dia buang kotoran di rumah orang sih, tapi itu sudah biasa. Ayamnya nanti kalau sudah mau malam juga pulang sendiri.” Ibu mertuaku sampai kaget ayam bisa pulang sendiri ke rumahnya. Haha. Memang sudah biasa ayam di Indonesia suka jalan-jalan keluyuran ke tetangga.

  • Panas

Kalau ini sudah ga dipungkiri kalau Indonesia memang panas. Tapi bisa dibilang saya kasian juga sama ibu mertua. Dia ngerasa panas banget dan sampai keringatan ga berhenti-berhenti. Ya selain panas, Indonesia juga kelembapannya kan tinggi ya jadi bikin keringatan. Jadi selama di Indonesia, kadang dia terpaksa di dalam kamar terus karena ada AC nya, ataupun di depan kipas angin terus. Dia seneng banget waktu kita kasih kipas tangan yang kita dapat dari souvenir nikahan. Dia bawa terus itu kipas tangan. Baru kali ini saya lihat itu souvenir akhirnya berguna juga. πŸ˜€


Cerita saya lanjutin ke Part 2 ya biar blognya ga terlalu panjang dan ngebosenin.

Advertisements

8 thoughts on “Mertuaku Kena Culture Shock (Part 1)

  1. Lucu-lucu klo dengar kultur shock begini πŸ˜† selain ayam balik sendiri, kucing juga pada dilepas aja, ntar balik sendiri juga, cuma sih klo kucingnya bagus ya kadang ga pernah balik lagi alias dimaling orang hehe, atau ayam tuh ada loh temanku nangkap trus masak tuh ayam tentangga, jahat bener πŸ˜† ; anak2ku juga ada cerita kultur shocknya pas kita liburan 3 bulan di Indo, cuma saya belum sempat cerita di blog πŸ˜€ .

    Like

    1. Iya bener. Kalo kucing bagus malah takut dimaling orang klo dibiarin keluyuran.
      Astaga yang bener itu masak ayamnya tetangga. Mungkin pikirnya, ni ayam suka main sini. Anggaplah ayam sendiri. πŸ˜…
      Iya lucu kalo kaget budaya gini ya. Pada terheran2. πŸ˜†

      Like

Please Feel Free to Leave a Comment

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s