Pendidikan Di Belanda

Jadi karena saya harus ujian inburgering, saya pastinya belajar segala macam yang ada di Belanda karena itu bakal ada di ujian KNM (Kennis van de Nederlandse Maatschappij). Salah satu yang saya pelajari yaitu tentang sistem pendidikan di Belanda. Saya perlu tau juga ijazah saya setara pendidikan Belanda yang mana.

Nah untuk yang wajib ujian inburgering, penyetaraan ijazah ini gratis. Bisa dilakukan di website IDW (Diplomawaardering) dengan isi formulir serta upload scan: (1) ijazah, (2) transkrip nilai, (3) verblijfsvergunning, dan (4) surat dari DUO. Penyetaraan ijazah ini 4 minggu lamanya dari sejak diploma kita dianggap memenuhi syarat. Diplomaku dianggap memenuhi syarat 11 hari setelah aku upload (biasanya mereka cek apa diploma yang diperlukan sudah disubmit semua, apakah mereka perlu menterjemahkan diplomanya dulu, dll). Jika tidak ada kendala, total waktu dari submit sampai kelar: sekitar 5,5 – 6 minggu.


Di Belanda, wajib belajar (leerplicht) di umur 5 sampai 16 tahun. Kalau sampai umur 16 belum juga dapat Diploma alias Ijazah, jadi murid tersebut harus ke sekolah sampai umur 18 tahun. Dan saat wajib belajar gini, biaya sekolahnya gratis.

Namanya juga wajib belajar, jadi setiap anak wajib sekolah. Orang tua bakal kena denda kalau anaknya ga sekolah, jadi kalau anaknya mau ga masuk sekolah (sakit, libur spesial (libur keagamaan selain agama kristen), ada acara pemakaman keluarga), orangtua harus ijin ke sekolah.

onderwijs
Pendidikan di Belanda

Peuterspeelzaal dan Voorschool

Peuterspeelzaal dimulai umur 2.5 tahun sampai umur 4 tahun. Kalau di Indonesia mungkin kaya playgroup. Kebanyakan seminggu 2-3 kali, jadi ga tiap hari. Disini anak-anak belum belajar apa-apa, cuma mainan sama anak yang lain dan menggambar.

Voor- en vroegschoolse educatie (VVE) juga untuk umur 2,5 tahun, tapi biasanya sampai umur 6 tahun. Voorschool ini untuk anak yang perkembangannya ga begitu cepat karena di rumah ga berbahasa Belanda. Biasanya 4 kali seminggu ke sekolahnya.

De Basisschool

Mendaftar di basisschool ini harus cepat-cepat karena takutnya ga ada tempat. Malah kalau bisa, anak umur 2 tahun sudah daftarin ke basisschool biar dapat tempat.

Basisschool ini dari umur 4 (atau 5) tahun sampai 12 tahun. Jadi totalnya 8 tahun. Kalau di kita sih seperti TK + SD. Sebutannya bukan kelas 1, kelas 2, dst seperti di Indonesia tapi Groep 1, Groep 2, dst. Jadi TK itu Groep 1 dan Groep 2 di Belanda. Cara belajarnya pun sama kaya TK jadi masih sambil bermain. Groep 3 baru mulai belajar membaca, menulis, berhitung yang serius. Groep 3 sampai Groep 8 persis kaya SD di Indonesia, jadi ada pelajaran sejarah, geografi, dll.

Di Groep 8, biasanya guru akan kasi saran tentang Middelbare School yang sesuai untuk anak tersebut. Ada ujian akhirnya juga namanya Eindtoets/CITO toets.

De Middelbare School

Middelbare school ini seperti SMP + SMA/SMK di Indonesia. Jadi total belajarnya 4 sampai 6 tahun, tergantung pendidikan yang dipilih. Ada 3 macam middelbare school di Belanda yaitu: VMBO, HAVO dan VWO.

  • VMBO: 4 tahun. Belajarnya sedikit dari buku dan lebih ke praktek. Biasanya sudah belajar untuk pekerjaan tertentu. Ini untuk murid yang condong ke pekerjaan tangan daripada belajar teori.
  • HAVO: 5 tahun. Lebih banyak belajar teori daripada VMBO.
  • VWO: 6 tahun. Belajar teori semua.

Velvolgonderwijs

Velvolgonderwijs ini setelah middelbare school dan ada 3 macam: MBO, HBO, Universiteit.

  • MBO: 1-4 tahun. Belajar untuk pekerjaan tertentu yang banyak menggunakan pekerjaan tangan seperti koki, penata rambut, tukang kayu, dll. Selain belajar praktek di sekolah, juga kerja di suatu tempat (magang).
  • HBO: biasanya 4 tahun. Belajar untuk pekerjaan tertentu seperti pengajar, perawat (suster), pilot, dll. Belajar teori di sekolah, dan juga ada magang. Untuk masuk ke HBO, harus punya diploma HAVO atau MBO.
  • Universiteit: Biasanya 4-5 tahun. Belajarnya lebih banyak teori dan prakteknya sedikit. Biasanya untuk pekerjaan seperti dokter, advokat, dokter gigi. Untuk masuk ke universiteit, harus punya diploma dari VWO atau HBO.
Pendidikan di Belanda

Jadi begitulah pendidikan di Belanda. Bingungin ya? Hehe. Awalnya juga saya bingung tapi pas diliat bedanya sih baru ngerti. Menurut saya sih pendidikan di Belanda sangat spesifik ya. Jadi untuk murid yang ga begitu suka belajar dari buku dan lebih ke tangan, bisa masuk ke sekolah yang condong ke praktek. Begitu juga sebaliknya. Dan pembagian itu sudah dari sejak umur 12 tahun.

Tentunya pendidikan di Indonesia dan di Belanda beda ya makanya perbandingan yang saya jelasin juga bukan patokan tapi buat gambaran aja. Misal di Indonesia S1 belum tentu di Belanda termasuk Universiteit, bisa jadi HBO. Jadi tergantung sama penyetaraan ijazah kita juga melalui website IDW.

Advertisements

4 thoughts on “Pendidikan Di Belanda

  1. Kalau di lingkungan tempat tinggal kami, Peuterspeelzaal mulai usia 2 tahun 3 bulan. Tapi daftarnya sudah bisa mulai sebelum usia satu tahun karena kadang antri.

    Sukses ya ujiannya, semoga lancar dan lulus

    Like

    1. Aminn… Wah malah lebih muda lagi udah bisa daftar. Udah gtu mesti jauh2 hari mesti daftar, kaya appointment org Belanda. Mesti jauh2 hari 😁.
      Btw Mba Denny, aku ga pernah bisa komen di blog mba Deny. Udah lama sih ga bisanya cuma smpe skrg slalu loading muter2 aja tiap submit. Padahal internet lancar.

      Like

      1. Wah kenapa ya aku juga ga paham Geraldine. Ada yg komen kayak kamu juga, tapi aku memang ga pernah otak atik apapun settingan blog. Langsung komen di kolong WP reader bisa nampaknya. Karena sekarang muncul kotak komen langsung di sana.

        Like

Please Feel Free to Leave a Comment

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s