Ngintip Ahh…

Salah satu hal lain yang bikin saya membandingkan Belanda dan Indonesia adalah tentang bagaimana orang asing bebas melihat isi rumah orang Belanda. Eits.. jangan salah kira terus boleh masuk rumah sembarangan. Hal yang saya maksud disini adalah rumah-rumah di Belanda yang terdiri dari jendela kaca-kaca dan jarangnya mereka pakai korden seperti yang biasa kita punya di Indonesia. Pintunya pun kadang yang ada kacanya juga.

Kalaupun ada korden, biasanya renda aja atau korden beneran tapi siang hari di buka jadi bisa lihat bagian dalem. Tipe kacanya juga kaca bening gitu bukan kaca riben (kaca yang dari dalam rumah bisa lihat luar tapi dari luar bakal susah lihat ke dalam).

Kadang kalau lewat rumah-rumah tetangga, penasaran kan, pasti jadi ngeliat ke dalem. Mereka nonton tivi atau lagi masak jadi kelihatan. Kapan hari pas liat ke dalem, eh orangnya sadar kalau diliatin, trus pura-pura liat ke arah lain deh. Habis mau gimana, wong bening gitu kacanya, kan jadi kepo. Haha..

Ciri khas rumah di Belanda

Saya tanya ke Adrian kenapa mereka santai aja pakai kaca bening gitu. Dia bilang:

“Rumah aja nempel sama tetangga kan, jadi mau nyembunyiin apa? Lagian kan cuma ruang tamu yang keliatan.”

“Ya kan jadi ga enak gitu lagi nonton tivi diliat orang lewat. Kaya akuarium”

“Lho kalau kaca bening, jadi aman kan? Kita bisa tau siapa yang ada di depan rumah”

Mau balik jelasin lagi, kayanya ga bakal ketemu, memang beda cara berpikirnya.

Kalau rumah kami di Belanda pakai korden karena saya minta. Saya ga mau berasa di etalase. Haha..

Kalau di Indonesia, rumah kacanya bening gini apa ga gampang di incer maling. Atau ga ketauan kita ada di dalam rumah sama peminta sumbangan. Hehe…

Advertisements

13 thoughts on “Ngintip Ahh…

  1. Lagi ke Volendam banyak banget rumah ga ada hordengnya, aku sih seneng aja ya bisa ngintip2 ngitu lihat isinya.. Aku pernah nanya teman mengenai rumah orang Belanda yg spt etalase, katanya sih orang Belanda terbuka siftanya, ramah gitu kali maksudnya yaa, ga ada yg ditutupi 😀 . Rumahku pakai hordeng, soalnya risih klo ada yg ngeliat dari luar, pakai hordeng begini kan jadi bisa ngeliatin orang jalan juga tanpa ketahuan haha 😀 .

    Like

    1. Iya senengnya bisa tau dekor dalam rumah orang juga ya buat ide. Hehe. Kalau mau liat luar rumah, mending kaya di Indonesia, pakai kaca riben kan ya. Jadi bisa liat luar tapi susah liat ke dalam. Tapi mereka pake kaca itu karena sifat terbukanya itu sih ya. Jadi santai aja dalem rumahnya keliatan.

      Like

    1. Iya aku pernah ngomong ke suami “kalo alasannya cuma biar bisa liat ke luar, kaca riben juga bisa”. Tapi ya dia bilang “ga usah malu kalo keliatan dari luar, kan kamu juga pakai baju”. Haha susah jelasinnya kalo aku risih, tapi ya akhirnya dibeliin korden sih.
      Iya mobil modifan yang kacanya bening suka kubilang mobil akuarium karena ga da kaca film. 😀

      Like

  2. Hahaha.. lucu banget yah Din.. aku pun masih ada beberapa culture shock padahal dah setahun disini.. disini, rata2 pada gordenan.. tapi kalau pun gak pake gorden, kayaknya gak bakal jadi tontonan, atau memang dr sananya, org2 Blenheim ini gak kepo.. malas longok2 😂

    Liked by 1 person

    1. Kayanya udah biasa gitu ya dan ga risih kalo kacanya bening. Kalo kita, karena menghindari pencurian jadi harus extra gelap kacanya… hehe..
      Iya culture shock karena beda banget kan ya budaya tiap negara, dan itu menarik. Suamiku juga ada culture shock. Lucu kalo denger cerita kebingungan dia sama budaya kita.

      Liked by 2 people

      1. tadi siang aku baru pergi ma temen aku, lah busyet ternyata handbagnya ditinggalin didalam mobil, keadaan terbuka dan lupa kunci mobil pula.. untung aja aman.. secara kan mancing banget itu kan, mana kacanya gak bisa digelapin kan..

        Like

  3. Kalo tirai kita pasang screen dibelakang gorden, jadi pakai screen aja udah cukup biar orang gak bisa liat ke dalem (tapi kita bisa liat ke luar) dan cahaya matahari masih masuk.
    Aku herannya adalah kebiasaan kalau malam hari, lampu2 di luar rumah engga dihidupin. Agghhh. Rasanya ada yang aneh kalau depan rumah gelap. Ha ha.

    Liked by 1 person

Please Feel Free to Leave a Comment

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s