Refund Transaksi Dengan Debit Online

Jadi kemarin (tepatnya tanggal 5 Oktober 2016), saya sempat berbelanja di Shopee seharga 2 jutaan menggunakan debit online. Saya sudah konfirmasi ke penjualnya apakah barang ready, dijawab barang ready. Ya udah saya lakukan transaksi pembelian menggunakan debit online. Ternyata setelah order diterima penjual, saya dikabari kalau ada cacat di barangnya jadi terpaksa di cancel.

Transaksi dengan debit online itu cepat N mudah. Sistem kerjanya sama kaya credit card yang tinggal masukin no kartu dan 3 digit di belakang kartu, dan juga ada kode yang dimasukkan sesuai dengan kode yang di SMS kan ke no HP kita. Dana akan langsung diambil dari rekening kita. TAPI…. transaksi tidak semudah itu kalau terjadi refund seperti yang saya alami.

Dana sudah dikembalikan oleh Shopee (sesuai info di histori transaksi), tapi sampai tanggal 20 Oktober 2016, uang tidak kembali ke rekening. Saya jadi was-was karena 2 minggu kok uang tidak balik ke rekening. Langsung saya email ke Shopee (support@shopee.co.id), yang mana oleh Shopee dikonfirmasi bahwa dana sudah dikembalikan dan harap menunggu.

Tanggal 31 Oktober 2016, saya coba tanya ke Bank Mandiri 14000 tapi CS mengatakan tidak bisa mengecek transaksi karena transaksi antara saya dan Shopee. CS Bank Mandiri meminta saya menghubungi Shopee. CS Bank Mandiri bilang tidak bisa membantu mengecekkan transaksi yang pending karena Bank Mandiri hanya penyedia jasa. Hmmm…

Akhirnya sampai tanggal 9 November 2016, saya mulai galau karena dana belum balik ke rekening. Saya putuskan ke Bank Mandiri dengan membawa (1) Bukti pengembalian dana dari Shopee (Saya ambil dari histori transaksi di Shopee App bukan Shopee Web, karena histori transaksi ga ada kalau di Shopee Web… Aneh), (2) KTP, (3) Kartu Debit, (4) Buku Tabungan.

shopee-refund
Bukti pengembalian dana dari shopee. Kartu debitnya dibaca sistem sebagai kartu kredit

Di Bank Mandiri saya jelaskan permasalahan saya, saya isi form keluhan dan diberi saran oleh CS Bank Mandiri kalau transaksi lebih baik menggunakan transfer. Kalaupun dana nyangkut, biasanya sudah balik dalam 3 hari kalau menggunakan sistem transfer. Kalau menggunakan kartu Debit, dana masih nyangkut di Visa dan pengembalian bisa sampai 75 hari.

Dari Bank Mandiri, saya diberi kertas bukti keluhan yang saya simpan kalau2 dana masih juga belum balik sampai 75 hari dari waktu pengembalian dana dari Shopee. Alhamdulilah tanggal 17 November 2016 (8 hari setelah dari Bank Mandiri), dana sudah kembali ke rekening.

Ada yang pernah punya masalah di refund dana?

 

Advertisements

54 thoughts on “Refund Transaksi Dengan Debit Online

  1. Pernah refund tapi dengan kartu kredit.. Belanja online di lazada senilai 3 jutaan.. Awalnya lancar, tapi 3!hari kemudian saya dapat notifikasi dari lazada bahwa transaksi dibatalkan (sepihak) oleh si penjual tanpa ada alasan apapun.. Saya panik dong.. Lha duitku gimana..? Trus aku juga lagi butuh banget barangnya.. Komplen ke lazada katanya ditunggu aja hasil tindak lanjutnya.. Besoknya aku telpon bank penerbit kartu, eh taunya si duit udah balik.. Alhamdulillah.. Cuma ya bikin jantungan kan..

    Like

    1. Iya aku juga pernah di batalkan Lazada, itupun karena aku konfirmasi kok barangnya ga dikirim2 sampai 4 hari setelah transaksi pembelian… transaksi pakai kartu kredit tapi make sure uang balik apa ga-nya nungguin di laporan tagihan bulan depannya.. alhamdulilah klo kartu kredit, refundnya cepat..

      Like

  2. Pernah refund di traveloka, kalo hotel ga sampe 3 hari, kalo pesawat agak lamaaa (tergantung maskapai). Emang paling bener kalo belanja ke yang ada rekbernya sih Mba. Aman in shaa Allah ndak degdegan hihi. Btw salam kenal 😊

    Like

    1. Oh refund tiket juga pernah di traveloka. Agak lama si tapi ga deg2an karena mikirnya traveloka kan website terkenal. Nah shopee tu baru pertama kali nyoba jadi waktu dana ga balik2 ya panik. Salam kenal juga ya…

      Like

  3. Aku jg kasusnya kyk gitu, 3 transaksi dgn total belanja 300lbh , pake debit mandiri dan di refund jg. Tp uda 1bulan dana blom balik, aku gal sempet ke bank nya, tp nanti pasti balik gak mbak?

    Like

  4. halli mba salam kenal..bagi pengalaman donk waktu refund di traveloka..itu mba bayar nya pakai debit juga??proses refund gimana mba lama atau tidak??soalnya saya 2 hari yang lalu baru pengajuan refund hotel..waktu pmbayaran kan d kartu kredit jadi takut kaya pengalaman mba di shpoee..makasih mba

    Like

  5. Hai ka, slm kenal jg…
    Pengalaman bngt nih baru2 ini ama shoppee, katanya diproses pengembalian dana tgl 16 maret, ampe skr belon msk jg, transaksi nya pdhl dr tgl 10 maret… Pake bank nya sama mandiri pula… Jd harap2 cemas nih..

    Like

    1. Kalau pakai debit online, mending langsung urus ke bank deh. Biar bank mandirinya juga klaim ke Visa/Mastercard. Mungkin uangmu bakal balik tanpa urus ke Bank, tapi kan ga tau kapan, jadi dari pada harap2 cemas, mending percepat urusannya dengan lapor ke Bank Mandiri. Aku kemarin kan 2 jutaan, jadi kepikiran uang segitu ada dimana.

      Like

      1. sebulan lalu orderan saya dicancel secara sepihak oleh lazada. saya membayar dengan menggunakan mandiri debit online. sudah 3x saya menanyakan ke live chat lazada, tapi jawabannya selalu sama, “sudah dalam proses, mohon kesediaannya menunggu”. untung ada artikel ini, jadi saya tau kalo proses refund mandiri debit online itu ternyata memang lama. terima kasih ^^

        Like

        1. Prosesnya bisa dipercepat dengan langsung ke bank minta bantu klaim ke visa/mastercardnya. Tapi pastikan dari Lazadanya sendiri sudah direfund. Biasanya ada informasinya di histori transaksi sudah di refund atau belum. Bukti kalau sudah direfund sama online shop waktu itu saya bawa juga ke Bank. Proses refund debit online memang lama, tapi lebih baik diurus ke Bank daripada baper karena uang ga balik2. 🙂

          Like

  6. Pernah mau booking ticket di aplikasi Saudia Airlines, eror sampai 5 kali, ternyata ketarik semua sampai sekitar 11 jutaan, kejadiannya tanggal 17 januari 2017. sampai skrg gak balik, dari pihak saudi airlines CS nya blg sudah di kembalikan, sekarang bingung mau ngadu ke mandiri gimana caranya karena posisi lagi di saudi arabia.

    kedua mau beli laptop dari razer, kebayar 23 jutaan, ternyata gak bisa ngirim ke indonesia, di cancel dari razer nya, ini kejadian tanggal 21 maret 2017 .

    sampai saat ini 21 april 2017 satu pun gak ada yang balik uangnya.

    semua transaksi pakai debit mandiri.
    :””((

    Like

  7. sama, saya juga pakai debit online, 2 hari berturut turut. satu dicancel sepihak sama online shopnya, satu lagi online shopnya nyuruh saya cancel. setelah telfon shopee, katanya dana paling cepat dikembalikan 7-14 hari kerja, atau 30-60 hari kerja. takut uangnya lama balik, mana lagi butuh. kapok belanja di shopee, ga akan mau lagi.

    Like

    1. Iya kalau pakai debit online, dana ga bisa langsung balik karena lewat visa/mastercard dulu sebagai perantara transaksi. Kalau pingin cepat, langsung ke banknya aja setelah ada pengembalian dari shopee nya. Jadi bank bisa urus klaim nya ke visa/mastercard.

      Like

  8. Bisa di bantu mba refund debit card nya di bank mandiri kcp mana dan nama petugas sama nomor hp nya, soalnya cabang di tempat saya tidak bisa memproses nya

    Like

    1. Saya proses di bank mandiri cabang muara rapak balikpapan. Kalau detail nama CS nya, saya kurang memperhatikan. Begitu saya ceritakan ingin mengurus refund debit online, CS nya sudah tau. Kmungkinan CS di bank cabang tempat mas mengurusnya kurang mengerti masalah tersebut.
      Saya juga pernah baca blog orang yang CS bank nya tidak mengerti (bank bni), namun untungnya saat itu pihak call centernya malah mengerti jadi bisa terselesaikan.

      Like

  9. sama kayak kejadian saya. dana saya sampai sekarang belum kembali yg parah nya ke cabang mandiri dan ketemu cs nya gak mengerti apa refund dana. aampai sekarang dana saya masi di kartu debet gk bisa di cairkan

    Like

    1. Wah susah juga kalau CS nya sampai ga tau, jadi pihak bank ga bisa bantu claim ke visa/mastercard. Sepertinya masalah refund debit online ini bukan transaksi umum yang harus dipelajari CS deh. Kok bisa sampe ada yang ga tau ya. Masa harus coba ke bank mandiri cabang lain, nyari mana CS yang ngerti refund debit online buat bantu pengembalian dana. 😦

      Like

        1. Waduh kok begitu ya.. atau coba ditunggu dulu. Kalau memang ga balik uangnya, yang penting bukti uangnya uda di refund sama olshop nya dibawa… terus coba cari cabang yang lain. Kayanya kasus kaya gini blum umum ya jadi kita konsumen makin panik kalo uang ga balik. 😦

          Like

  10. boleh minta infonya ga… saya beberapa hari lalu mau coba transaksi di shopee pakai debit online (karna lagi ada promo pakai debit).setelah data saya masukkan, selalu kebacanya KARTU KREDIT. jadi gagal, keterangannya kartu ditolak oleh pihak bank. dianggap data salah. saya masukkin data kartu debit tapi dishopee yg keluar kartu kredit. sdh email ke shopee cuma dijawab gini: “transaksi anda gagal karna ditolak oleh pihak bank”. justru saya mau tanya kenapa ditolak, kenapa keluarnya kredit.

    apakah kita harus daftarkan rekening kita dulu di bank yang bersangkutan untuk bisa menikmati layanan debit online…?

    terima kasih 🙂

    Like

    1. Waktu saya pakai debit online, kebacanya juga kartu kredit. Kalau didaftarkan, saya kurang tau ya ada hubungannya apa ga, tapi saya si pernah daftar sms banking. Kmungkinan memang harus daftar sms banking karena kadang kode verifikasi transaksi debit online dikirim ke no hp yg uda didaftarkan.

      Like

  11. Sama ni, Aku ada belanja ke Aliexpress pake Debit visa mandiri, dan di refund karna stok kosong. Status refundnya udah komplit sebulan yang lalu, lebih malah, tapi cek mutasi belum ada masuk juga.. , udah laporan ke CS bank mandiri tapi csnya ngotot,, katanya itu harus difollow up ke Aliexpress nya, bukan ke Bank Mandiri, padahal itu refund nya nyangkut ke Visa nya kan,, dan mereka yang musti follow up ke Visa nya.. Ya maklum Bank mandiri cabang kecil gitu sih,, gak ngerti dia. Masak katanya refundnya mungkin udah masuk via setor tunai (aduh ga nyambung blas).. Anyway sudah bikin laporan keluhan nasabah dan nulis kronologi disitu dan ini hampir 10 hari masih blum masuk juga. Mulai greget. Minggu depan mau cari bank mandiri yang agak gedean, mau bikin laporan ulang, moga2 CS diajak ngobrol setidaknya nyambung, bukan malah menghindar seakan itu bukan tanggung jawab mreka, kayak CS yang kmaren. Kzl.
    Trus sekarang kapok, kalo beli via online seterusnya mo pake Kartu Kredit aja, kalo ada refund otomatis balik tanpa perlu ribet follow up.

    Like

    1. Saya juga dapat jawaban kalau itu urusan online shopnya sewaktu telpon ke 14000. Tapi karena saya merasa uang ga balik2, makanya saya lewat CS di kantor Bank Mandirinya langsung dan alhamdulilah lancar. Memang lebih baik kartu kredit dibanding debit online karena cancel transaksi bisa langsung terproses.

      Like

  12. duh barusan gue juga kejadian begini 😦 , jadi kita harus ke cabang ya buat minta refund?

    ga bakal transaksi lagi pake mandiri debit online

    Like

  13. Iya memang harus lapor ke CS datang ke Bank Mandiri, dan kalo boleh saran cari Bank Mandiri yang agak gedean, jangan yang cabang kecil gitu,, gak ngerti mreka soal refund (udah ga ngerti, kadang agak sotoy plus ngotot), yang ada kesel sendiri. Kemaren akhirnya ku lapor ulang ke Bank Mandiri yang gede sekalian trus bikin Laporan ulang (Bawa KTP dan Buku Tabungan doang, nti tingal jelasin kronologinya), dan beda banget emang kualitas CS nya dibanding Bank Mandiri yang kecil.. Lebih diladeni plus ga sotoy 🙂

    Like

  14. Saya sekarang ngalamin sis dana sudah di kembalikan dari seller tgl 7 agustus 2017 tapi sampai sekarang tgl 11 september 2017 belum ada notif mutasi ke rek mandiri saya, waktu itu saya juga pakai debit online, saya suda sering mengadukan ke cs shopee tapi jawabannya selalu sama. Sekarang saya harus gimana ya sis??

    Like

    1. Kalau CS shopee bilang sudah dikembalikan, berarti memang sudah dikembalikan. Bisa dilihat di histori transaksi di shopee app. Masalah biasanya ada pada pengembalian dana ke rekeningnya alias nyangkut di visa atau mastercard (pihak ketiga). Coba cari histori transaksi di shopee app bagian “pengembalian dana”. Screenshot kalau memang sudah ada info pengembalian dana, trus di print. Buat bukti dibawa ke bank. Ikutin aja cara yang saya tulis di blog. Semoga dana bisa balik.

      Like

  15. share pengalaman..
    hari ini saya komplain refund debit online ke cabang mandiri.
    pertama saya pergi ke KCU Mandiri. di KCU tersebut saya langsung ditolak oleh CS-nya.
    CS-nya mengatakan tidak bisa membantu.
    karena sudah baca pengalaman teman-teman di blog ini, jadi saya males debat dan langsung cabut.
    lalu saya pergi ke KCP Mandiri yang lain. di KCP tersebut saya mendapat CS yang baik hati, dan langsung membuat laporan untuk masalah saya. saya juga diberi copy form komplainan saya.
    jadi bagi teman-teman yang ingin komplain, tidak harus ke cabang mandiri yang besar. ke kantor cabang kecil juga tidak masalah, asalkan dapat CS yang baik dan mau membantu.
    dari pengalaman saya, CS di KCU malah lebih songong daripada CS di KCP.

    Like

    1. sebenarnya tanggal 25 kemarin, saya melaporkan 2 transaksi yang refundnya bermasalah (tanggal 15 juni 2017 dan tanggal 29 agustus 2017).
      refund yang masuk baru yang tanggal 15 juni, sedang yang tanggal 29 agustus belum balik.
      semoga transaksi yang 29 agustus juga cepat kembali.

      Like

Please Feel Free to Leave a Comment

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s