Tentang Tempat Tidur

Jadi kemarin saat di kamar hotel sendirian dan cuma geleleran di kasur nonton TV gara2 di luar hujan dan ga bisa jalan2, saya tiba2 mikir kenapa kasur hotel kok kayanya enak banget ya. Gara2 kepikiran itu, langsung dong daya perhatiin bantalnya, selimutnya, kasurnya. Dan mulai cari perbedaan sama tempat tidur yang ada di rumah.

Tempat tidur terdiri dari:

  • Matras/ Kasur

mattress

Kalau ini ga usah dijelasin udah pada tau semua. Btw fotonya bukan promosi ya. Itu asal ambil aja gambar kasur. Hehe. Kalau mau tidur nyaman, coba cari kasur yang memang sudah terjamin kualitasnya. Kasur ga sering ganti, jadi lebih baik pilih yang bagus sekalian.

  • Pelindung Matras

mattress-protector

Mattress Protector ini ditaruh pas diatas kasur. Bentuknya seperti digambar diatas dengan karet disetiap sisinya. Karena ada pelindung matras ini, kasur jadi lebih empuk. Selain itu lebih simple kalau mau bersihin kasur yang ketumpahan sesuatu misalnya. Jadi ga perlu bersihin kasur tapi bersihin aja pelindung matrasnya.

  • Seprai

bed-sheet

Kain tipis yang kita sebut seprai ini digunakan untuk menutup kasur biasanya berwarna-warni supaya tempat tidur menarik dan juga untuk melindungi kasur. Hotel biasanya memilih warna putih, warna polos atau corak simple untuk memberikan kesan bersih dan mewah.

bedlinen_sheet_cover
corak simple malah terlihat mewah 🙂
  • Bed Cover

    bed-cover

Selimut tebal yang biasanya dijual 1 set dengan seprai dan bantal ini merupakan penutup tempat tidur yang membuat kasur semakin menarik. Warna dan coraknya sesuai dengan warna bantal dan seprai. Namun bisa dibilang agak berat ketika dicuci.

  • Duvet

Duvet ini merupakan pengganti bed cover yang biasanya dipakai oleh hotel. Disebut juga sebagai comforter, dijual dengan warna polos.

comforter
duvet/comforter

Duvet ini akan dilapisi oleh kain yang disebut duvet cover. Selimut hotel menggunakan duvet+duvet cover karena mudah dibersihkan. Ketika hotel ingin membersihkan, tidak perlu mencuci seberat mencuci bed cover tapi tinggal mengganti duvet covernya aja.

duvet

  • Bantal

pillow

Hotel yang bagus biasanya tidak pelit ketika memberi bantal di atas tempat tidur. Dan bantal biasanya berbeda tingkat keempukannya. Hal ini agar tamu bisa menyesuaikan dengan tingkat kenyamanannya ketika tidur.

Bantal di hotel juga ada yang dikasi pillow protector agar mudah dibersihkan jadi ga perlu ganti bantalnya kalau kotor. Selain itu bantal jadi lebih empuk, terlihat tegak dan rapi.

pillow-protector

Jadi, ada yang tempat tidurnya dibuat senyaman tempat tidur hotel?

Advertisements

24 thoughts on “Tentang Tempat Tidur

  1. Waktu masih ngekos, tentu saja tempat tidurnya ya alakadarnya anak2 kos yg standar ya, bukan yang mewah banget. Tapi sejak kawin dan pindah, tempat tidur di rumah kayak yang kamu deskripsikan di atas, lapis demi lapisnya kayak hotel. Karena inilah jadi betah di kasur, males bangun pagi padahal musti kerja haha. Buatku yang paling penting adalah sepreinya harus licin dan rapi. Makanya seprei wajib kusetrika, sebelum dan setelah tidur wajib kubersihkan pakai sapu lidi pembersih kasur. Tapi aku ga bisa pasang seprei dengan rapi sejak dulu, untungnya suami bisa.

    Like

    1. Den, kebalikan.. aku malah ogah banget nyetrika sprei, tapi bisa banget pasang sprei dan segala printilannya bak kamar hotel..😄 Suamiku pernah coba bantuin pasang tanpa aku gak sreg sama hasilnya😄 *kasiandia..

      Like

      1. Ah berarti kita beneran kebalikan Em. Aku kalau sudah urusan perkasuran, perWCan, perkamarmandian, perngepelan, kuserahkan semua pada ahlinya (baca:suami) haha. Dia lebih jago di pos2 itu

        Like

  2. Kamar tidur kami pake semua yg disebutkan tadi kecuali bed cover, karena kami pake duvet+covernya.. Ada satu lagi sebetulnya printilan kasur itu: valance. Ini fungsinya utk menutup pinggiran lapisan bawah dari kasur. Kan kalo beli spring bed satu set suka ada lapisan keras penyangga kasurnya..

    Like

          1. Oh ya di online shop atau sekalian aja eBay..😄 Ada satu lagi soal sprei: fitted sheet (sprei ngepas yg pake karet tiap ujungnya) dan loose sheet (sprei tanpa karet). Di Indonesia 2 tipe sprei ini ada cuma saya belum pernah lihat yg berupa satu set, kecuali di hotel-hotel besar.. Kalo di Australia dua-duanya ada, dan ada yg dijual terpisah, ada juga yg satu set.. Jika digunakan bersamaan, fitted sheet dipasang duluan sebagai dasar, kemudian loose sheet sebagai lapisan kedua tapi hanya menutupi fitted sheet sampe area bantal.. Jadi kalo cuaca panas tinggal pake aja si sprei loose sheet ini sebagai selimut..Trus sprei yg biasa dipake di hotel bintang banyak tuh yg ketebalannya 1200 TC (thread count).. Saya punya sprei jenis ini dan lumayan berat bahkan ketika kering.. Kalo yg umum dipake di Indonesia itu hanya 300 TC.. 🤔Koq saya jadi kayak ahli sprei ya..😝

            Like

        1. nah aku tahu duvet pun dr cowo aku.. jadi menurut dia kalau lagi summer pake duvet aja.. sama sih Emmy, gak pernah gosok juga.. masangnya sih bisa, diajarin sama nyokap dulu, cuma kdg suka ngasal juga.. hahaha..

          Like

            1. nah kebetulan kerja sebagai wedding organizer kepake banget nih urusan beresin tempat tidur, soalnya kalau pas acara pengantin kudu pagi2, dan pagi2 kdg suka susah banget panggil house keeping, yah tugas WO lah yang beresin haha..

              Like

  3. Kayaknya klo di hotel tidur lgsg nyessssss gitu yah hehe. Di rumah sih ga pake duvet, tp dikasih pelindung bed itu jd agak empuk. Walaupun ga seenak di hotel, ttp aja ya bed di rmh rasanya paling nyaman haha. Pingin banget sih pake duvet putih2 gt, kayaknya bersih terus (plus bisa buat foto bagus hahaha)…tp klo di rmh gak ada room service hihi

    Like

  4. kalo pas masih nge koss dlu, blom snaggup sih bikin tmpat tidur senyaman hotel hahah (smpai skrg dirumah jga, ga bisa) tpi sering bgt ganti seprei kasur krn kalo tmen2 maen ke kosan psti duduknya di kasur, ogah di lantai wkwkkk… tpi ya gitu, urusan ganti seprei sbnernay bagian yg paling malesin krn susah rapi dan angkat2 kasur.. *toss mba*

    Like

Please Feel Free to Leave a Comment

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s