Peninggalan WW2 di Kanchanaburi

Saat di Bangkok, saya sempatkan untuk pergi ke Kanchanaburi (2 jam dari Bangkok). Kalau dari apa yang saya liat di internet, sebenernya banyak yang bisa dikunjungi di Kanchanaburi, tapi saya cuma penasaran sama Bridge Over The River Kwai.

Rel kereta api yang awalnya menghubungkan antara Myanmar dan Thailand ini punya sejarah yang kental karena dibuat pada jaman perang dunia kedua (World War 2 – WW2) saat penjajahan Jepang. Rel ini juga disebut sebagai Death Railway karena pembuatan rel ini banyak memakan korban dari budak2 Asia (Romusha) dan juga tahanan perang. Rel ini menjadi tempat wisata saat ini karena merupakan peninggalan yang masih bisa digunakan walaupun rutenya tidak sampai ke Myanmar lagi.

Jadi saat di Kanchanaburi, sebelum sampai ke Death Railway, saya mengunjungi makam perang yang disebut sebagai Kanchanabury War Cemetery.

kanchanaburi war cemetery

Saya memang seneng sama peninggalan gini ya jadi di sini pun saya seneng aja keliling2 makamnya sambil liatin nama2 yang ada di nisan, dia berasal dari batalion mana, meninggalnya pada tanggal berapa dan usia berapa, dan juga ada info dia itu sebagai prajurit (Private), supir (Driver), angkatan laut (Marine), dll.

Setelah dari makam ini, saya mengunjungi War Museum tapi ga masuk. Hehe. Cuma numpang duduk sambil makan ice cream di depan museum sekalian foto kereta api yang jadi pajangan di depan museum.

Setelah istirahat duduk2 di depan museum, saya jalan kaki ke Bridge Over The River Kwai.

bridge over the river kwai

Setelah jalan2 di sekitar jembatan itu dan selfie2, saya naik kereta yang beroperasi di Death Railway. Keretanya ya kaya kereta ekonomi di Indonesia gitu.

death railway

Sekian pengalaman saya di Kanchanaburi cuma untuk menghilangkan rasa penasaran saya sama peninggalan jaman perang dunia kedua ini. Pagi berangkat dari Bangkok, sorenya langsung balik lagi ke Bangkok. 😀

 

6 thoughts on “Peninggalan WW2 di Kanchanaburi

Please Feel Free to Leave a Comment

