Menjadi Sukarelawan

Entah kenapa, saya selalu kagum dengan orang yang mendedikasikan diri untuk menolong orang lain, yang biasa kita sebut sebagai sukarelawan. Mereka siap untuk tidak mengeluh, makan dan tidur seadanya, serta energi yang tercurah benar2 untuk masyarakat.

Berbicara tentang menjadi sukarelawan, saya pernah mencoba menjadi relawan selama 3 bulan di Dusun Beran, Seyegan Yogyakarta pada tahun 2008. Di sana saya menjadi guru bahasa inggris untuk anak2 SD di sana. Kegiatan saya lakukan di masjid setelah sholat Ashar karena cuma disana tempat yang bisa dipakai untuk ngumpulin anak2. Kalau hari Minggu, saya lakukan pagi hari. Menyenangkan, tapi terkadang agak stres juga karena ngurus anak2 butuh kesabaran.

Sekarang, saya kangen untuk menjadi sukarelawan, tapi saya pingin menjadi sukarelawan di luar negeri. Hehe. Ada2 aja ya. Ga tau kenapa, pengen aja travelling sebagai sukarelawan dan bukannya turis. Mulai lah saya mencari2 cara menjadi sukarelawan di luar negeri.

Akhirnya saya menemukan websitenya Grassroots Volunteering (http://grassrootsvolunteering.org/). Di web ini, ada data base mengenai kegiatan2 sukarelawan di seluruh dunia. Disitu ada info juga mengenai biaya, ada yang gratis, ada juga yang bayar. Kalo ditanya kenapa jadi sukarelawan malah bayar, well ini karena disana kita tinggal dan makan, jadi ga asal gratis aja. Tapi ada juga yang saya lihat biayanya besar banget, ini karena kegiatan sukarelawan sudah menjadi program travelling. So pinter2 milih aja.

Kalau pingin jadi sukarelawan yang berhubungan sama peternakan atau pertanian, bisa coba cek di WWOOF (http://www.wwoof.net/).

Liat2 ini, jadi ngimpi deh bisa ikutan. Terlebih lagi pingin banget bisa tergabung di All Hands Volunteers (http://hands.org/). Ngeliat foto2nya jadi ngeces pengen ikutan.

This is absolutely my dream to be a volunteer. I hope I can join them someday.

6 thoughts on “Menjadi Sukarelawan

  1. sumpah, pingin bgt juga jadi volunteer…
    mendedikasikan diri utk hal yg baik dan coooolll bgtt!! smg suatu hari bisa sama2 jdi volunteer kakak.. ๐Ÿ™‚

    Like

Please Feel Free to Leave a Comment

