Kerja Di Site Itu…

Sebenernya nulis ini gara2 kantor hening dan daritadi yang kedengaran cuma suara orang meeting di kantor sebelah dan suara helikopter yang dari tadi datang dan pergi di Helipad, tiba2 terinspirasi buat nulis gimana kerja di site itu. Saya dulu pekerja kantoran dan sejak 2014 jadi pekerja site.

  • Jam Kerja

Jam kerja di site dimulai jam 6 pagi sampai jam 6 sore. Kalau ada yang kerja shift malam ya berarti kerja dari jam 6 sore sampai jam 6 pagi. Beda dengan kerjaan saya sebelumnya yang dimulai jam 8 pagi sampai jam 4 sore (walopun kayanya berasa dosa banget kalo beneran pulang jam 4. diliatin semua temen kantor kalo pulang jam segini. akhirnya pulang selalu jam 5 atau jam 6).

  • Jadwal Kerja

Saya kerja dengan jadwal 2-2 yang artinya kerja 2 minggu dan offduty 2 minggu. Jadwal kerja bisa beda2 tergantung jenis pekerjaan dan posisi. Ada yang 4-4 (kerja 4 minggu, off 4 minggu), ada yang 2-1 (kerja 2 minggu, off 1 minggu). Teman saya ada yang kerja di perusahaan lain sistemnya 8 bulan kerja, 2 bulan off. Saat kerja di site, kita ga kenal yang namanya weekend atau tanggal merah, jadi tetep kerja. Jadi saat off, saya gunain buat jalan2 dari pada 2 minggu di rumah cuma bengong.

  • Pakaian Kerja

Bisa dibilang ini yang paling saya suka kalau kerja di site. Kerja di site berarti kerja pakai coverall jadi ga repot mikir hari ini mau pakai baju apa. Baju kerja saya coverall warna orange (saya upload foto di bawah ini). Saya dulu marketing export, yang pastinya ketemu klien2 bule mesti bener2 rapi jali. Beda banget jadinya saat kerja di site.

coverall

Saya ga berani upload poto saya saat pakai baju coverall karena ada undang2 yang melarang kita foto menggunakan baju kerja. Hal ini untuk menjaga nama perusahaan jadi tidak dikaitkan dengan kepribadian si pengguna saat diupload ke sosial media. Kalau saya upload poto bajunya aja, ada nama saya diatas kantong kanan di dada, dan ada lambang perusahaan di atas kantong kiri di dada. Dari pada fotonya kebanyakan saya sensor, makanya saya upload foto yang saya temukan di internet.

  • Temen Kerja

Namanya kerja di site, temen kerja isinya cowok semua. Jadi kalo di site nemu sesama cewek, rasanya jadi antusias banget.

  • Prosedur

Kerja di site beda dengan kerja di kantoran dari prosedur kerjanya. Kita ada medical check up (MCU) setiap tahunย yang hasilnya akan diverifikasi oleh dokter. Kalau memang kesehatan tidak memadai, ya kita ga bisa kerja di site, terpaksa kita akan dipindahkan kerja di kantor pusat alias kerja kantoran. Biasanya kalau uda jadwal2 mau MCU, mulai deh saya menghindari makan2an yang banyak mengandung garam, gula dan kolesterol. Kalau uda lolos, balik deh saya makan kepiting, kambing, dll. Hehehe.

Selain MCU, kerja di site berarti kitaย wajib mengikuti mandatory training seperti fire fighting (belajar padamin api), first aid (CPR, menghentikan pendarahan, dll), sea survival (dicemplungin ke laut dan belajar nyelamatin diri), helicopter escape (diikat dikursi dan dicemplungin ke air dalam posisi terbalik. diikat disni maksudnya terikat seat belt kursi), dll. Untuk sea survival dan helicopter escape, saya belum pernah ikut karena saya kedapatan kerja di sungai bukan di laut, dan pekerjaan saya ga pernah berhubungan dengan naik helicopter. Helicopter biasa cuma buat bos-bos, kita transportasi airnya pakai sea truck. ๐Ÿ˜€

seatruck

Jadi, seperti itu gambaran kerja di site. Tiap perusahaan punya prosedur dan jadwal kerja yang beda2 jadi ga bisa digeneralisir dari apa yang saya share.

Advertisements

18 thoughts on “Kerja Di Site Itu…

          1. Aku merasa dekat soalnya suka bandingin kalo di suruh ke Handil dari Samarinda kota, walau belom pernah kejadian. Aku 8-2; 8 minggu nguli, 2 minggu ngaso2. Masih akar rumput. Semakin ke atas semakin cepet di sit. ๐Ÿ™‚

            Like

    1. haha… iya seru banget… waktu praktek padamin api, apiku ga padam2… hehe.. tapi harus tetep lanjut sampai padam… padahal tabung pemadam itu lumayan berat di pegang satu tangan.. kalau yang helicopter escape, bayanginnya aja udah serem… alhamdulilah ga dapet.. ๐Ÿ˜€

      Like

    1. sebenernya aku ga bisa berenang… haha.. makanya kalau perjalanan diatas sea truck, aku ga pernah mau lepas baju pelampungnya… untung ga kena training wajib yang berhubungan dengan air, bisa ketauan kalo aku ga bisa berenang… ๐Ÿ˜€

      Like

  1. Aku suka ngurusin temen2 aku yang mau di tugasin di laut mba, dan itu selama 1-2 bulan full kadang suka kasian sih harus jauh dari anak istri,ga kenal tanggal merah dan weekend malahan temen aku pernah kena tugas saat lebaran. kadang suka liat temen yang kerja di lapangan pake coverall jadi kepengen pake kayaknya keren gitu tapi mikir2 lagi masa iya dikantor pake begituan heee

    Like

    1. iya kalo pas kedapetan lebaran di site, mau ga mau tetep kerja.. alhamdulilah aku selalu atur2 jadwal biar selalu bisa kedapetan lebaran di rumah… klo masalah coverall, keren ya?! alhamdulilah klo di bilang keren #Oops coverallnya ya, bukan akunya?! ๐Ÿ˜€

      Like

Please Feel Free to Leave a Comment

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s