Scam di Jalan Malioboro

Aneh memang kenapa saya bisa jadi korban scam di Jogja padahal saya bukan turis. Tapi masalahnya saya jalan sama David, jadi keliatan kaya turis deh gara2 sama bule.

Jadi sehabis makan malam, kita pingin ke Malioboro buat jalan2 santai. Saat di Jalan Malioboro dan saya lagi liat2 kaos jualan, tiba2 ada seorang bapak2 yang menyapa David “Where are you from?”. Begitu dia tau David dari Perancis, langsung tu bapak bicara dalam bahasa Prancis. Nasib deh saya jadi ga ngerti pembicaraan mereka.

Bapak itu bicara antusias sekali dalam bahasa Prancis. David si berusaha mengarahkan pakai bahasa Inggris biar saya bisa mengerti, tapi si bapak tetap ngomong pakai bahasa Prancis. Sambil bicara bahasa Prancis, dia sambil mengiring dan bersemangat mengajak kami ke suatu tempat. Saya yang ga tau apa2 jadi berkali2 “What’s happen?” tapi tetep ngikutin David secara dia digiring si bapak.

Nah kami digiring naik ke tangga suatu bangunan 2 lantai di area Malioboro dan ada pintu masuk ke dalam ruangan di lantai 2 tersebut. Saya pertama ga mau masuk karena saya ga tau apa2. Davidnya tetap aja masuk karena ngikutin si bapak.

Si bapak memang kayanya nyasar si David, makanya saya agak2 diabaikan saat saya tanya ” Ada apa Pak?” dari sejak awal ketemu si bapak.

Saat saya masuk ke ruangan, saya liat macam2 lukisan di gantung di ruangan tersebut. Dan si bapak sibuk nawar2in lukisan tersebut ke David sampai David bilang, “Please use English so she understand“, sambil menunjukku. Akhirnya si bapak mulai care sama saya dan mulai menawarkan lukisan juga ke saya.

Dia lalu menawarkan macam2 lukisan dan harganya semua puluhan juta. Tiba2 ada orang yang datang membawakan kami teh panas di cangkir. Akhirnya kami minum teh nya sambil melihat2 lukisan. Si bapak sibuk nawarin macam2 lukisan yang harganya puluhan juta itu. Karena kami ga begitu antusias, dia mulai memberikan tawaran potongan harga. Kami masih tidak begitu tertarik.

Lama2 ko kayanya kami jadi ga bisa keluar ya. Si bapak masih aja menahan kami dengan tetap menawarkan potongan harga dan tawaran pengiriman ke Perancis.

David : We are not interested to buy now. Can we have your business card so we can contact you if we planned to buy?

Bapak : This is gallery from many painter and only for tonight, so you better buy tonight because tomorrow we already move to other city for exhibition.

David : But I don’t have any plan to buy a painting and I need to think about it first, so it is better  to have your business card.

Si bapak masi aja menjelaskan kalau lebih baik beli malam ini. Akhirnya kita bener2 pamit dan jalan ke pintu keluar sambil bilang kalau kita benar2 tidak berniat membeli dan tak lupa kita bilang terima kasih atas tawarannya.

Akhirnya kami bisa kabur dan jadi pengalaman banget deh itu dijebak ke pameran lukisan tersembunyi gitu.

 

7 thoughts on “Scam di Jalan Malioboro

  1. Haha. Agak random juga sih ya nawarin jual lukisan. Coba nawarinnya barang yang lebih kecil atau barang yang bisa dikenakan sehari-hari, mungkin orang juga susah ngehindar/cari alesan buat ga beli. Makasih infonya!

    Like

  2. Wih tadinya, aku sempat mikir scam-nya mungkin mau diculik gitu mba sama David, wkwkwk karena diajak ke gedung yang ga dikenal eh ternyata cuma ditawarin lukisan hahaha.. *ngayal banget yak kayak di film-film*

    Like

Please Feel Free to Leave a Comment

