Deepavali

Tinggal di daerah Brickfield, Kuala Lumpur berarti saya tinggal di area tempat bermukimnya orang2 India. Area ini dinamakan Little India dan dipenuhi banyak penjual makanan India, perakit bunga2 yang dibentuk kalung untuk berdoa, toko baju Sari, dan segala macam toko2 khas India.

Saat Deepavali/Diwali (hari raya umat Hindu), suasana semakin meriah di area ini karena berhari-hari warganya merayakan Deepavali dengan kembang api tiap malam, ada pasar malam yang diisi dengan panggung penuh dengan tarian dan penyanyi India, serta disepanjang jalan banyak penjual jasa menggambar Mehendi di tangan.

Salah satu hal yang menarik saat Deepavali adalah adanya Rangoli yang dihias di lantai. Rangoli adalah beras warna-warni yang dibentuk menjadi design yang cantik di lantai.

rangoli

Walaupun tidak merayakan Deepavali, namun saya ikut merasakan kemeriahannya disekeliling saya, serta merasakan betapa hari raya ini sangat penting bagi umat Hindu terutama warga India di sekitar saya. Sungguh pengalaman yang tak terlupakan bagi saya.

One thought on “Deepavali

Please Feel Free to Leave a Comment

