Pengalaman Pertama Handle Area Amerika Selatan

Saat awal bekerja (tahun 2012) sebagai Overseas Marketing Executive (Marketing Export), saya mendapatkan area Amerika Selatan untuk dihandle. Bekerja di perusahaan Export termasuk pekerjaan yang menyenangkan sekaligus melelahkan. Menyenangkan karena setiap harinya kita akan menemukan hal yang baru untuk dipelajari. Melelahkan karena saya kedapatan area Amerika Selatan, yang mana timezone berbeda 10-12 jam.

Tau kan kerjaan marketing itu seperti apa? Mencari klien baru sebanyak-banyaknya, dan juga me-maintain klien regular supaya tetap setia bekerja sama dengan kita. Marketing yang menghandle daerah Amerika diberi Phone SIM Card Perusahaan supaya bisa tetap bekerja setelah jam kantor.

Area Amerika Selatan termasuk area yang sulit dihandle. Bahasa resmi semua negara di Amerika Selatan adalah Spanyol, kecuali Brazil yang berbahasa Portugis. Dan mereka mengharapkan kita untuk bisa bahasa Spanyol.

Jadi setelah saya mencari sebanyak2nya kontak perusahaan di Amerika Selatan di jam kantor, saya akan hubungi malamnya supaya disana posisinya pagi hari.

Beberapa pengalaman saya ketika menghubungi prospek klien di daerah Amerika Selatan (Setiap percobaan saya lakukan pada perusahaan yang berbeda) — Karena percakapan telpon dalam bahasa Spanyol dan Portugis, saya taruh artinya di dalam kurung ya.

  • PERCOBAAN PERTAMA (Argentina–Bahasa Spanyol)

Prospek Klien : Buenos Dias (Good morning)

Geraldine : Hi. Good Morning. My name is Geraldine. I am from….

Prospek Klien : No ingles. No ingles. (No english)

Geraldine : Oh… Ok… Gracias (Thank you)

  • PERCOBAAN KEDUA (Brazil–Bahasa Portugis. Translate dulu sebelum nelpon)

Prospek klien : Bom Dia (Good morning)

Geraldine : Bom dia. Fala ingles? Não falo português. (Good morning. You speak english? I don’t speak portuguese)

Prospek Klien : Não…. Uhm… fala espanhol? (No. You speak Spanish?)

Geraldine : Não. Desculpe-me ..Uhm.. Obrigada… (No. I’m sorry. Thank you)

  • PERCOBAAN KETIGA (Brazil)

Prospek klien : Bom Dia (Good morning)

Geraldine : Bom dia. Fala ingles? Não falo português(Good morning. You speak english? I don’t speak portuguese)

Prospek Klien : Não (No)

Geraldine : Há alguém que fala inglês? (Is there anyone who speaks English?)

Prospek Klien : Espere um momento (Wait a moment)

Prospek Klien B : Bom Dia (Good morning)

Geraldine : Bom Dia. Do you speak english?

Prospek Klien B : Yes

FINALLY!!!!!!

 

Berbisnis dengan area Amerika Selatan bisa dibilang sulit jika kita hanya bisa bahasa inggris. Bahkan Brazil pun yang saya pikir negara besar ternyata tidak bisa bahasa inggris. Dianya malah berharap kita bisa bahasa spanyol kalau kita ga bisa bahasa Portugis.

Maka saya pun dikursuskan oleh perusahaan saya untuk kursus bahasa Spanyol. Apakah berhasil? Bisa dibilang gagal karena kursus malam setelah pulang kerja sehingga saya sudah capek dan setelah kursus saya masih bekerja (mengemail dan menelpon klien Amerika Selatan).

Tapi, setelah berjuang berbulan2, toh akhirnya saya berhasil mendapatkan klien dari Kolombia dan bisa berhasil mendapatkan klien dari Ekuador. Klien Dominika pun berhasil saya handle, padahal berada di area Amerika Tengah. Jadi, tak ada yang tak mungkin kalau kita berusaha. Pasti Bisa!

PS: Saya juga ada share tentang apa yang butuh saya pelajari ketika menjadi Marketing Export di post saya yang lain.

 

One thought on “Pengalaman Pertama Handle Area Amerika Selatan

Please Feel Free to Leave a Comment

