Bertahan Hidup Dengan KFC

Lebai memang judulnya, tapi itulah kenyataannya.

Saat saya berada di Hanoi, saya sangat kesulitan untuk menemukan makanan tanpa babi. Saya menginap di gang kecil bernama Tam Thuong yang berada di Jalan Hang Bong. Hari pertama saya sampai di Hanoi, saya melihat penjual makanan semuanya menjual babi, dan makanannya semua dicampur dengan daging babi. Saat saya tanya ke orang sekitar, tidak ada yang tau dimana restoran halal.

Saya sudah berada di posisi kelaparan dan lelah karena mencari makan siang yang halal, namun tidak ketemu. Di Hanoi juga ga ada 7-Eleven. Saya akhirnya menemukan toko roti dan saya makan siang dengan roti. Kembali ke hotel dalam keadaan lelah dan lumayan roti bisa mengganjal perut.

Malamnya, saya kembali keliling untuk mencari makan. Saya temukan restoran halal bernama Khazaana Indian Restaurant di dekat area hotel saya. Namun saat saya lihat ke menu yang dipajang di depan restoran, saya kaget karena harganya benar2 harga restoran. Yup, itu memang restoran, bukan sekedar rumah makan. Saya mengurungkan niat makan disana karena saya jalan2 ala backpacker yang berarti uang saku memang terbatas. Bisa habis duluan uang saya kalau saya makan disini padahal saya 4 hari di Hanoi dan juga perjalanan saya selanjutnya ke Thailand dan Malaysia.

Btw, walaupun Khazaana ini restoran makanan halal, dia juga menjual minuman beralkohol karena dia juga melayani konsumen yang non muslim (muslim sangat minim di Hanoi).

Ini menu spesial di Khazaana dan harganya:

khazaana special

Lokasi restoran Khazaana:

Khazaana map

Saya kembali keliling mencari penjual makanan tanpa babi dan akhirnya saya menemukan KFC di sebelah utara Hoan Kiem Lake. Harga makanannya pun terjangkau dan akhirnya saya selalu makan KFC setiap harinya untuk makan siang dan makan malam (untuk sarapan, saya makan roti).

kfc hanoi

PS : Bisa dibilang saya sering mencari makanan India saat di luar negeri, karena entah kenapa makanan halal itu pasti makanan India. Coba deh cari makanan halal di luar negeri, pasti restoran India (atau ga restoran Malaysia, tapi sayangnya jarang nemu).

6 thoughts on “Bertahan Hidup Dengan KFC

1. FYI, KFC di Hanoi tidak ada status halalnya tapi tidak menjual daging babi, hanya daging ayam dan ikan (fish burger). Sedangkan di warung dan rumah makan lain, makanan pasti dicampur daging babi sebagai topping atau lauk utama.

Untuk makanan halal di daerah Hoan Kiem Lake, sudah saya infokan di blog ya. Restoran India Khazana yang memang restoran terbaik di Hanoi berdasarkan Vietnam Economics Times. Restoran ini menggunakan chef karena memang restoran fine dining. Namun jangan heran walaupun berstatus halal, restoran ini tetap menjual minuman alkohol. Jadi bukan restoran khusus muslim tapi restoran makanan halal.