1 Hari Di Kuala Lumpur

Ingin menjelajah Kuala Lumpur, tapi hanya punya 1 hari? Sebenernya satu hari sudah cukup kalau hanya ingin melihat atraksi utama kotanya. Saat saya pertama kali ke Kuala Lumpur, saya hanya punya satu hari untuk jalan-jalan di kotanya sebelum berangkat ke Singapura malamnya.

Dari bandara Kuala Lumpur, saya naik bis ke KL Sentral (dari KLIA = 10  ringgit; dari KLIA2 = 11 ringgit). Sesampainya di KL Sentral, turun dari Bis, saya segera ke stasiun keretanya yang bernama KL Stesen Sentral (naik satu lantai dari KL Sentral Bus Station). Di stasiun kereta ini, ada locker yang bisa disewa untuk menitipkan tas. Harganya tergantung besarnya tas kita, harganya bervariasi dari yang paling kecil harganya 5 ringgit sampai yang paling besar harganya 20 ringgit.

map-lrt-ktm-monorail-kuala-lumpur-big
peta transportasi kuala lumpur

Tempat-tempat yang saya datangi adalah sebagai berikut:

  • Batu Caves

Di stasiun kereta tersebut, belilah tiket ke Batu Caves di loket KTM Komuter (2 ringgit). Kereta akan berhenti tepat di Batu Caves. Biaya masuk Batu Cave gratis. Pastikan kita sudah menyembunyikan makanan, karena disini banyak monyet berkeliaran.

Batu-Caves

Setelah puas di Batu Caves, saya kembali ke KL Sentral menggunakan KTM Komuter (2 ringgit).

  • Sri Maha Mariamman Temple

Di stasiun kereta KL Sentral, saya membeli tiket LRT ke Pasar Seni Station di mesin tiket. Kita tidak bisa beli di loket karena loket yang ada hanya melayani penukaran uang saja, jadi kita harus beli sendiri menggunakan mesin. Bahasa di mesin saya ubah ke Bahasa Inggris karena saya malah bingung sama bahasa Melayu. Tiket berbentuk koin biru yang akan kita sentuhkan ke palang masuk stasiun. Koin disimpan selama perjalanan karena akan dikembalikan saat sampai di tujuan.

Setelah sampai di Stasiun Pasar Seni, ikuti rute sbb:

rute sri maha mariamman
rute pasar seni station – sri mahamariamman temple

sri-mahamariamman

  • Petaling Street & Central Market

Petaling Street adalah China Townnya Kuala Lumpur jadi jangan heran kalau banyak yang mencari souvenir seperti gantungan kunci, magnet, dll di sini. Dari Mahamariamman temple, rutenya sbb:

petaling street
rute sri mahamariamman temple – petaling street

Central Market juga isinya barang jualan, namun tempatnya lebih nyaman karena berada di bangunan ber AC. Tinggal pilih mau belanja di petaling street atau central market, atau ingin mengunjungi keduanya juga tidak masalah karena tempatnya berdekatan. Jika dari sri mahamariamman temple ingin langsung ke central market, rutenya sbb:

central market
rute sri mahamariamman temple – central market

central market

  • Dataran Merdeka

Dari central market, kita tinggal jalan kaki ke dataran merdeka dengan rute sbb:

dataran merdeka
rute central market – dataran merdeka

Di dataran merdeka, terdapat berbagai bangunan yang dapat dinikmati yaitu musium tekstil, bangunan sultan abdul samad, kl city gallery yang di depannya ada tulisan “I love KL”, dll.

national-textiles-museum
musium tekstil (foto copyright: http://www.kuala-lumpur.ws)
sultan abdul samad building
sultan abdul samad building
kl-city-galleries01
kl city gallery
  • Petronas Tower

Dari Dataran Merdeka, saya menuju ke Petronas Tower dari Masjid Jamek Station ke KLCC Station. Perjalanan dari Dataran Merdeka ke Masjid Jamek Station akan melewati Panggung Bandaraya dan juga Masjid Jamek.

masjid jamek.PNG
rute dataran merdeka – masjid jamek station
mud-kuala-lumpur
panggung bandaraya
masjid jamek.jpg
masjid jamek

Sesampainya di KLCC Station, saya tinggal keluar dari gedung stasiun yang juga merangkap sebagai Mall. Setelah di luar bangunan, tinggal cari deh Menara Petronasnya, foto2, dan kembali ke KL Sentral.

Sesampainya di KL Sentral, hari sudah sore dan saya numpang mandi di stasiun tersebut karena ada kamar mandinya dengan biaya 5 ringgit. Cukup sudah 1 hari untuk merasakan atraksi utama di Kuala Lumpur.

Sebenarnya masih ada tempat2 lain yang bisa dikunjungi di Kuala Lumpur, namun kalau hanya ingin mengunjungi atraksi utamanya, saya rasa tempat2 tersebut sudah cukup mewakili.

PS: Jika suka street food, bisa ke Jalan Alor di Bukit Bintang

Advertisements

One thought on “1 Hari Di Kuala Lumpur

Please Feel Free to Leave a Comment

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s