Pengalaman Mengecewakan Menggunakan Air Asia Asean Pass

Karena tertarik iklan Air Asia AseanPass yang menawarkan rute ke 10 negara Asean, maka saya dan adik saya Agung memutuskan untuk membeli Asean Pass 10 kredit. Btw, harga Asean Pass ini belum termasuk Airport tax setiap rute. Setiap rute dibawah 2 jam penerbangan dihargai 1 kredit dan penerbangan di atas 2 jam dihargai 3 kredit (tidak boleh ada rute yang diulang).

airasia asean pass indonesia

Setelah hitung2an jumlah kredit, akhirnya kami memutuskan untuk mengambil rute:

(Kuala Lumpur  – Hanoi) + (Hanoi – Bangkok) + (Bangkok – Kuala Lumpur) + (Kuala Lumpur – Balikpapan)

3 kredit + 1 kredit + 3 kredit + 3 kredit = 10 kredit

Penerbangan awal yaitu Balikpapan – Kuala Lumpur kita beli dengan pembelian normal/tanpa Asean Pass.

Setelah membeli 2 buah Asean Pass, saya masuk ke Asean Pass milik Agung, pilih rute N langsung bayar airport tax. Jadi prosesnya akan (1) pilih rute (2) bayar airport tax (3) pilih rute selanjutnya (4) bayar airport tax (5) dst. Ini berarti setiap pilih rute, uda ga bisa di cancel N kredit Asean Pass berkurang.

Asean Pass milik Agung sudah selesai pilihan rute N pembayaran airport taxnya. Dan saya langsung masuk ke Asean Pass milik saya. Semua lancar sampai ketika saya mau memilih penerbangan Bangkok – Kuala Lumpur, ternyata rute yang saya pilih sebelumnya untuk Agung tidak ada. Saya cek ketersediaan rute tersebut dengan pencarian tiket normal, Ada! Saya kembali masuk ke akun Asean Pass saya dan memang tidak ada rute tersebut.

Karena bingung, saya telpon ke customer service Air Asia (tidak bebas pulsa). Saya mendapatkan jawaban yang sepertinya jawaban yang sudah dihapal karena jawabannya itu2 aja yaitu “Kalau tidak ada, berarti rutenya tidak ada”. Saya bersikukuh kalau di pencarian normal, rute tersebut ada. Jawaban tetap sama.

Akhirnya saya coba pakai twitter ke @askairasia, jawabannya adalah Seat Asean Pass seperti kursi promosi, sehingga seatnya TERBATAS. Jadi walaupun seat available di pembelian biasa, seat di Asean Pass tidak tersedia. Kita ga akan pernah tau seat itu ga available di Asean Pass sampai ketika kita sudah beli Asean Pass dan pilih rute. Saya pemilik Asean Pass tapi berasa kaya pemilik tiket kelas kedua, ga special.

asean pass tweet

Endingnya adalah kita terpisah penerbangan. Semua harus diatur ulang. Rugi dan kecewa. Kalau tau akan begini, harusnya beli tiket biasa aja.

2 thoughts on “Pengalaman Mengecewakan Menggunakan Air Asia Asean Pass

    1. Kalau memang mau menggunakan Asean Pass, harus siap juga jadwal yang flexible karena tiket yang ada di pembelian normal, belum tentu ada di Asean Pass. Kalau saya karena pergi berdua, jadinya ga flexible. Yang satu dapat tiket, yang lain ga dapet tiket. Kalau solo travelling si ga ada masalah asal siap ubah jadwal sesuai tiket yang tersedia di Asean Pass.

      Like

Please Feel Free to Leave a Comment

