Penipuan Berkedok Lowongan Kerja Pertamina Persero

Hal ini terjadi saat saya masih menjadi job seeker. Saya menemukan lowongan Pertamina Persero Jakarta di internet, maka saya kirim email lamaran beserta CV ke email yang tertera yaitu pt.pertaminapersero.hrd@asia.com (saya kirim emailnya sekitar jam 9 malam waktu Balikpapan).

Keesokan paginya saya mendapatkan email balasan dari alamat email tersebut yang menyatakan bahwa saya dipanggil untuk tes tertulis dan wawancara. Email saya terima jam setengah 7 pagi waktu Balikpapan, yang berarti setengah 6 pagi waktu Jakarta. Harus saya akui sebagai job seeker pemula, saya belum mengerti kejanggalan yang terjadi seperti : (1) alamat email domain bukan @pertamina. (2) email panggilan tidak di jam kerja.

Di lampiran email panggilan tes tersebut terdapat info:

penipuan panggilan tes

Batas Pemesanan/Reservasi Ticket Peserta Seleksi Paling Lambat Hari Ini Pukul 17.59.

Kronologis kejadian seperti ini:

  • Saya kirim sms konfirmasi kehadiran. Tidak berapa lama saya ditelepon Pak Rezky Jaya yang mengatakan bahwa dia panitia tes Pertamina dan saya diminta menelpon ke nomor tersebut. Akhirnya saya telpon balik ke nomor itu dan mereka bilang sudah terima konfirmasi kehadiran dan saya diminta menghubungi travel agentnya untuk masalah transportasi.
  • Saya telpon travel agent memberitahukan bahwa saya peserta tes Pertamina. Mereka tanya saya berangkat dari mana, dan saya jawab dari Balikpapan. Dia memberitahukan bahwa akan handle penerbangan dan total biaya PP Rp. 2.500.000.
  • Dari sini saya sudah mulai ragu karena saya pikir biaya akan ditanggung karena mereka sudah bekerja sama dengan tour agent tertentu. Karena biaya besar dan saya tau saya bisa dapat biaya yang lebih rendah, saya bilang bahwa saya akan beli tiket sendiri saja dan akan langsung ke tempat tes.
  • Mereka bilang bahwa semua peserta harus menggunakan jasa mereka agar semua terorganisir dengan baik. Karena saya tidak menduga ada biaya, saya bilang ke tour agent tersebut bahwa saya akan hubungi lagi setelah saya infokan ke orang tua.
  • Setelah telepon saya tutup, tidak berapa lama saya mendapat SMS untuk mentransfer uang ke rek yang mereka berikan untuk segera di bookingkan penerbangannya. (Karena kejadian ini sudah bertahun-tahun yang lalu, saya sudah ga ada sms info rekening penipunya. Kalau ada, bakal saya papar disini).
  • Karena saya ragu, maka saya tidak telpon, sms atau transfer. Tidak berapa lama saya ditelpon kembali oleh tour agent tersebut. Mereka menanyakan apakah saya jadi ikut tes atau tidak. Karena saya merasa mereka sangat memaksa, maka saya bilang saya tidak jadi ikut tes. Mereka tentu masih meyakinkan saya untuk ikut tes dan segera melakukan reservasi, namun saya tetap bersikeras bilang bahwa saya tidak jadi ikut tes.

Tips terhindar dari penipuan lowongan kerja:

  • Pastikan email perusahaan memiliki domain resmi, bukan email yang bisa dibuat gratisan seperti yahoo, gmail, hotmail, dll. Domain seperti @engineer, @consultant, @asia, dll juga termasuk ke dalam free email account yang bisa di buat melalui http://www.mail.com. Jadi pastikan email menggunakan domain resmi perusahaan.
  • Panggilan kerja (email/telepon) tidak mungkin berada diluar jam kerja.
  • Dalam panggilan kerja, perusahaan tidak akan memungut biaya dari pesertanya. Beberapa perusahaan bahkan ada yang menawarkan transportasi bebas biaya. Kalau tidak ada tawaran untuk transportasi, transportasi adalah tanggung jawab kita sendiri dan perusahaan tidak akan memaksa kita membayar untuk menggunakan transportasi tertentu.
  • Jika kita mendapatkan panggilan kerja, maka perusahaan lah yang seharusnya keluar biaya telepon, bukannya kita yang disuruh telpon balik ke nomor dia.

Dari pengalaman yang saya share ini, saya harap job seeker yang lain bisa waspada akan adanya penipuan berkedok lowongan pekerjaan.

2 thoughts on “Penipuan Berkedok Lowongan Kerja Pertamina Persero

  1. Kakak nya tmn kerja ada y kena jebakan betmen ini. Y kasian teman aku itu, wktu dia blgin ke kakaknya spy dicek dlu, krn gak mgkin klu dipanggil test disuruh psan tiket dr satu travel gtu (krn dia tanya2 ke aku). Eh. Malah kakak nya marah, dia bilangin adeknya tu gak senang dia dpt panggilan krja, smpe minjamin duit buat bli tiket gak mau. Ya, denger gtu adeknya ngalah, malas ribut. Adeknya transfer lah tu duit.. sejak kk nya sms konfirmasi transfer duit, tu no y katanya agen travel langsung gak aktif. Melayang lah duit 3 jt, n tmnku gak tega buat nagih ke kakaknya..

    Like

    1. bisa dibilang memang tipuan ini tu rapi banget karena kita ga bakal nyangka kalau scam kaya gini ada di web2 lowongan kerja.. kita kan taunya lowongan di web kaya gitu udah pasti terpercaya… tapi org ngebet pingin krja juga pasti kadang ga hati2 dan kurangnya info ttg penipuan kaya gini..

      Like

Please Feel Free to Leave a Comment

