Alasan Orang Indonesia Jarang Travelling

Menurut saya, orang Indonesia termasuk orang yang jarang pergi melancong atau istilah kerennya travelling. Tulisan ini benar2 menurut pandangan saya, jadi mungkin pendapat orang lain akan jauh berbeda. Berikut alasan kenapa orang Indonesia jarang travelling:

  • Travelling Dianggap Tidak Penting.

    Hal ini karena kita dari kecil tidak dibiasakan travelling sehingga ilmu dan pengalaman dari buku, TV dan internet dianggap sudah cukup. Rasa ingin tahu kita terhadap budaya lain sudah dianggap “terjawab” dari media tersebut.

inspirational-travel-quotes-02

  • Cuti Terbatas

    Cuti di Indonesia adalah 12 hari setahun yang mana itu akan dikurangi dengan cuti bersama. Sisa cuti biasanya dipersiapkan untuk acara keluarga seperti nikahan, sunatan, akikahan, dll

inspirational-travel-quotes-10

  • Mahal

    Indonesia termasuk negara kepulauan, jadi bahkan untuk travelling dalam negeri, kita tetap harus menggunakan pesawat. Lebih parahnya lagi, sudah ada hari libur tapi ya pas peak season, jadi harga tiket melambung. Kapal mungkin ada, tapi lama waktu tempuh akan menghabiskan waktu libur yang pastinya akan mengurangi hari cuti.

Di Indonesia jarang ada hostel dibanding di luar negeri, yang berarti kita harus memesan kamar private. Maka dari itu, biaya penginapan akan terlihat mahal.

Orang Indonesia ketika di tempat baru, dia lebih memilih jalan2 menggunakan taksi dan tidak pernah terpikir untuk menggunakan transportasi umum, maka dari itu jangan heran kalau biayanya besar.

Orang Indonesia punya kebiasan membelikan oleh2 jika pergi berwisata, bukan hanya untuk keluarga tapi juga teman kantor, tetangga, teman sekolah anak, guru anaknya, dll. Maka dari itu, untuk jalan2 harus ada biaya untuk oleh2.

memories

  • Tidak Terbiasa Keluar Dari Comfort Zone

    Travelling berarti kita harus mempersiapkan segalanya sebelum bepergian, dan juga harus mempersiapkan kemungkinan akan segala hal yang tidak sesuai dengan rencana. Orang Indonesia yang pernah share ke saya bilang kalau dia takut tersesat, atau takut ga cocok sama makanannya di sana, atau tidak ada temannya, dll.

Sebenernya hal ini bisa disiasati dengan jalan2 menggunakan tour agent, tapi ya itu berarti biayanya akan mahal karena pasti menginap di hotel, makan pasti di restoran, dan ada biaya jasa untuk tour agent tersebut.

comfort zone

  • Travelling Itu “Tidak Normal”

    Di Indonesia, dari awal anak sekolah, lalu kuliah, lalu bekerja, lalu menikah, lalu punya anak, lalu punya cucu, dst. Setiap langkah seseorang sudah digeneralisir di Indonesia. Penyuka jalan2 dianggap egois dan tidak peduli pada tahap kehidupan. Contohnya orang yang sudah bekerja namun belum menikah dan mengisi waktu luang dengan travelling, akan dianggap hanya bersenang2 dan tidak memikirkan masa depannya.

Padahal menurut saya, waktu yang tepat untuk travelling adalah saat kita masih sendiri, karena secara pikiran tidak terbagi2, kita punya waktu, dan biaya travelling tidak sebesar saat sudah berkeluarga.

paulo

  • Tidak Mendapat Ijin Dari Keluarga

    Budaya Indonesia memang sangat kuat, jadi walaupun kita sudah dewasa, namun ijin keluarga termasuk hal yang penting dan bahkan andil terbesar seseorang bisa menjadi traveller atau tidak. Pastikan ijin keluarga kita dapat saat travelling dan jika mereka belum mengijinkan, komunikasikan dengan baik betapa positifnya kegiatan tersebut dan buktikan bahwa kita orang yang bertanggungjawab.

responsible
Harus saya akui, traveling butuh segala usaha untuk mewujudkannya, namun semua akan terbayarkan kalau kita bisa mengambil pelajaran selama travelling. Travelling itu tidak berat, hanya butuh niat dan keberanian. Memang, alasan untuk tidak travelling akan selalu ada bagi beberapa orang yang tidak terbiasa, namun itu merupakan pilihan masing2.

adventure

Advertisements

Please Feel Free to Leave a Comment

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s