Setengah Hari di Macau

Ketika saya di Hong Kong, saya sempatkan satu hari ke Macau menggunakan ferry. Karena serba dadakan, saya membeli tiket pada hari itu juga dan saya dapat ferry jam 11 padahal saya berniat ambil yang jam 9 karena saat itu masih jam 8an. Jadi lebih baik beli dari pagi banget atau ga dari hari sebelumnya.

Karena berangkat jam 11, saya sampai di Macau sudah jam 12an. Banyak kasino di Macau, jadi banyak bis GRATIS dari pelabuhan ferry ke berbagai kasino (untuk 21 tahun ke atas). Karena sudah siang, saya cuma ke 2 tempat yaitu (1) Venetian Hotel, dan (2) Ruins of St Pauls.

  • Hotel Venetian

Begitu sampai di Macau, saya langsung ngantri untuk naik shuttle bus milik Venetian Hotel. Di Venetian, bangunan dalamnya di design seperti Venesia. Ada gondola yang bisa disewa yang mana pendayungnya akan menyanyikan lagu untuk kita. Saat saya disana, pendayung bertanya saya dari mana, ketika dia tau saya dari Indonesia, dia menyanyikan lagu Kaulah Segalanya-Ruth Sahanaya. 😀

venetian macau

Setelah puas di Venetian, saya kembali ke pelabuhan ferry menggunakan shuttle bus gratis milik Venetian.

  • Ruins of St Pauls

Dari pelabuhan ferry, saya ngantri di antrian bis milik Grand Lisboa Hotel karena Hotel ini lah yang dekat sama Ruin of St Pauls. Setelah sampai di Grand Lisboa, saya langsung mengikuti papan menuju ke Senado Square (Largo do Senado). Setelah sampai di Senado Square, kita tinggal mengikuti papan jalan menuju ke Ruin of St Pauls.

Perjalanan dari Senado Square ke Ruin of St Pauls akan banyak kita temui penjual2 oleh2 khas Macau dan juga penjual yang membawa nampan berisi sampel yang bisa kita cicipi. Karena saya aji mumpung, sambil jalan, saya ambilin deh sampel2 cookies nya (cemilan daging babinya pastinya ga saya ambil). Jangan lupa untuk mencoba Pastel de Nata khas Macau (kalau ini beli bukan sampel. Hehe).

Pastel de nata

Ketika saya sampai di Ruin of St Pauls, saya juga mengunjungi Fortaleza do Monte (Monte Fort) yang penuh dengan tembok besar dan meriam2.

Setelah puas menikmati Ruin of St Pauls, saya kembali ke Grand Lisboa untuk kembali ke pelabuhan ferry, namun ketika mau mengantri di shuttle bisnya, saya diminta kartu keanggotaan Grand Lisboa. Hah?!

Jadi dengan berat hati, saya bikin kartu keanggotaan yang bisa digunakan untuk naik bis gratis dan menambah poin ketika kita berjudi di kasino tersebut. Setelah kartu selesai, saya kembali ke shuttle bis dan berhasil naik bis. Namun yang membuat saya bingung, saya lihat ada penumpang lain cuma memberikan selembar kertas sebelum naik bis. Hmm, entahlah kertas apa itu, yang penting saya bisa kembali ke pelabuhan ferry. Waktu saya sudah kebuang banyak gara2 ngantri buat bikin kartu keanggotaan.

Ketika sampai di pelabuhan ferry sekitar jam 5an, tiket siang sudah habis dan saya terpaksa beli tiket malam yang lebih mahal dan jam 7 malam. Supaya ga rugi kaya saya, lebih baik beli tiket balik ke Hong Kong begitu sampai di Macau/sebelum keliling Macau, tapi pastikan sudah balik ke pelabuhan sebelum jam keberangkatan. Tapi kalau belum bisa memperkirakan kapan balik ke pelabuhan lagi, mending beli tiket dadakan karena tiket yang sudah dibeli ga bisa diubah.

  • Fisherman’s Wharf

Sambil menunggu jam keberangkatan ferry kembali ke Hong Kong, saya jalan2 keluar pelabuhan dan menuju Fisherman’s Wharf. Lumayan di sini ada pemandangan bagus (miniatur colosseum dan bangunan2 bergaya eropa) daripada cuma nunggu di dalam gedung pelabuhan.

colosseum macau

Sebenernya masih ada tempat lain yang bisa dikunjungi di Macau, tapi karena ketidaktahuan dan semua serba dadakan, jadi jalan2nya ga maksimal.

Sebagai catatan, saya membayar segala macam dengan Dolar Hongkong di Macau dan dapat kembalian pun dalam bentuk Dolar Hongkong. Hal ini karena banyak warga Hong Kong berjudi ke kasino di Macau serta banyaknya pengunjung yang berangkat ke Macau dari Hong Kong.

Advertisements

Please Feel Free to Leave a Comment

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s