Jangan Lupa Bawa Ini Agar Nyaman Saat Travelling

Saat kita travelling, 3 hal pasti yang kita bawa yaitu pakaian, alas kaki, dan peralatan mandi. Sebenernya itu aja udah cukup kalau males repot bawa macem2. Namun menurut saya, ada beberapa hal yang seharusnya kita bawa juga supaya travelling lebih nyaman terutama untuk yang backpacking. Berikut daftar barang2 tersebut:

  • Gembok kecil

Tinggal di hostel berarti kita berbagi kamar dengan orang lain. Kalau kita ke kamar mandi atau tidur, ga mungkin kan dompet, kamera, hp didekep terus atau dibawa2 ke kamar mandi.

Biasanya hostel akan menyediakan locker untuk kita TAPI ga ada kuncinya. Makanya saya selalu bawa gembok kecil saat travelling. Gembok saya pakai kunci kombinasi, jadi ga pake nyimpen2 kunci gembok lagi.

gembok kecil eiger

  • Kain Bali

Kenapa kain bali itu penting? Karena ada kalanya saat kita tavelling, kita tidur di bandara yang udaranya dingin saat malam, jadi bisa kita pakai sebagai selimut. Kain bali juga bisa dipakai buat alas tidur/seprai kalau ternyata hostel yang kita dapat seprainya berdebu atau kotor.

  • Payung lipat

Biasa saya bawa payung lipat yg lipat 3 dibanding lipat 2 karena ukurannya lebih kecil. Payung penting buat jaga2 kalau cuaca tidak mendukung.

  • Adaptor (untuk travelling luar negeri)

Colokan listrik di negara lain bisa saja berbeda dengan colokan kita, jadi lebih baik kita bawa buat jaga2. Saya juga bawa T/multiplug (apa sih itu namanya, satu colokan bisa jadi beberapa lubang). Jadi kalau di hostel cuma ada satu colokan dan kita mau ngecas kamera N hp barengan, tetep bisa.

  • Penutup mata & ear plug

Karena berbagi kamar dengan orang lain di hostel, bisa jadi mereka masih ngobrol kalau malam. Kita butuh tidur sedangkan mereka masih berisik N lampu kamar ga dimati2in. Kalau kalian tipe yang mudah tidur, ga perlu bawa penutup mata & ear plug.

  • Obat

Obat pasti yang selalu saya bawa yaitu obat pusing (biasa saya bawa sanmol), Norit (kalau diare saat perjalanan. Saya pakai obat diare, ga mempan. Hehehe), Tolak angin (saya tipe yang kena angin dikit, langsung masuk angin si).

Kalau kalian tipe yang mudah mabuk, mungkin bisa bawa antimo. Saya sebenarnya juga bawa abothyl akhir2 ini kalau travelling, karena sariawan saat travelling itu ga enak PLUS bisa jadi obat luka juga. Perih sih, tapi cepet sembuh.

  • Bantal leher

Saya pilih bantal leher yang isi dakron, bukan yang bisa ditiup atau yang isi butiran2 itu (entah apa namanya). Saat penerbangan lama, leher pasti lelah so butuh senderan (ga mau juga kan kalau pas tidur tiba2 nyender ke penumpang sebelah. Hihi).

Bantal ini juga biasa saya pakai sebagai bantal kalau tidur di bandara, jadi ga tersiksa banget. Dulu saya pakai tas sebagai bantal, tapi bangun2 leher sakit (tengengan kalau orang bilang). Kalau kalian tipe yang mudah tidur, ini mah ga perlu.

IMG-20141223-WA0000-1

  • Botol Minum

Biar ga dehidrasi saat travelling, pastikan selalu bawa air minum. Di luar negeri, air termasuk mahal, jadi lebih baik bawa botol minum yang diisi dari tap water (air keran yang bisa diminum). Negara yang sudah maju biasa menyediakan tap water di bandara atau pun di tempat umum seperti taman umum.

Masuk ruang tunggu bandara internasional memang ga boleh bawa air, tapi biasa di ruang tunggu ada dispenser air gratis/tap water. Kalau ada botol air kan bisa dapet air gratis. 😀

Setiap orang kenyamanannya berbeda2, jadi daftar diatas bisa beda2 setiap orang. Travelling itu melelahkan, jadi pastikan tetap nyaman.

Please Feel Free to Leave a Comment

