Pengalaman Menginap di Chungking Mansion

Ketika di Hong Kong, saya menginap di Chungking Mansion yang berada di daerah Kowloon. Tempat tinggal bertingkat (17 lantai kalau tidak salah) yang terdiri dari 5 blok yaitu A, B, C, D dan E. Masing2 blok memiliki 2 lift, satu lift untuk lantai ganjil, dan yang satu untuk lantai genap. Di Chungking Mansion, terdapat banyak penginapan sehingga setiap lantai bisa berisi beberapa penginapan yang berbeda.

bangunan chungking mansion

Saat saya di Hong Kong, kertas booking menunjukkan bahwa penginapan saya (Bohol Hotel) ada di lantai 6 blok D. Liftnya kecil dan hanya bisa diisi maksimal 8 orang bertubuh kurus. Kalau ada yang bawa tas atau koper, terpaksa lift hanya bisa diisi beberapa orang aja. Antrian lift agak panjang saat saya datang, sehingga saya harus menunggu.

Ketika sampai di lantai 6, di depan pintu masuk penginapan ada tombol PIN yang harus ditekan untuk membuka pintu masuk. Ada juga kertas yang ditempel di pintu yaitu informasi bahwa resepsionis ada di lantai 10. Ahhh… terpaksa saya melanjutkan dari lantai 6 ke lantai 10 pakai tangga, karena tombol di depan lift lantai 6 hanya ada tombol “DOWN” (turun).

Setelah sampai lantai 10, saya tidak menemukan Bohol Hotel namun Dhillon Hotel. Setelah saya tanya ke resepsionis di Dhillon Hotel mengenai Bohol Hotel, dia bilang bahwa Bohol Hotel juga termasuk hotel miliknya. Setelah check in, akhirnya saya dapat kamar di Dhillon Hotel di lantai 10 blok E.

Di Chungking Mansion, jangan heran kalau kita booking hotel A tapi akhirnya nginep di hotel B karena pemilik hotel biasa memiliki beberapa hotel. Kamar yang saya dapat ukurannya kecil dan tempat tidur ga cocok buat orang yang tinggi karena kasurnya pendek. Buat saya yang pendek, tentu saja ga ada masalah.

dhillon hotel

Btw, kalau antrian lift lantai genap penuh sedangkan antrian lantai ganjil kosong/lebih pendek, saya pasti ambil lift lantai ganjil. Tinggal naik ke lantai 11 dan lanjutkan turun ke lantai 10 pakai tangga 😀

antrian lift chungking mansion

Di Chungking Mansion, tiap saya nyuci baju pun kering (nyuci di wastafel. Hehe). Sebelum saya pergi jalan2 keliling Hong Kong, AC kamar saya matikan dan buka jendela, baju saya gantung di teralis2 jendela pakai gantungan baju yang ada di penginapan. Secara ada di lantai 10 jadi anginnya lumayan 😀

chungking mansion dari atas

Suasana ketika baru masuk di Chungking Mansion memang agak kumuh. Banyak orang India yang menawarkan barang dagangan dan penginapan. Tapi menginap di sini berarti kita ada di pusat Kowloon dan itu berarti dekat dengan manapun.

 toko di chungking mansion

Jadi, bagaimana saya ke Chungking Mansion dari Airport?

Saya pilih transportasi yang murah yaitu bis. Dari bandara HK, saya naik bis no A21 dengan tiket seharga HK$33 dan turun di bus stop no 14 di Nathan Road.

nathan road

Please Feel Free to Leave a Comment

