Apa Istimewanya Khao San Road?

Khao San Road atau Thanon Khaosan, adalah area backpacker di Bangkok. Para traveler backpacker biasanya lebih memilih tinggal di area ini ketika berada di Bangkok dikarenakan banyaknya hotel2 murah di area ini, kemudahan bertemu para traveler lain, letaknya di tengah kota Bangkok dan juga karena area ini dipenuhi para penjual dan juga bar2.

Jadi, ada apa aja di Khao San Road?

  • Hotel

Namanya juga daerah traveler, pasti ada hotel lah ya. Mau hotel yang dormitory sampai yang bintang 3 ada di sini. Setiap saya ke Bangkok, saya pasti tinggal di daerah Khao San. Hal ini karena saya merasa nyaman dikelilingi orang yang bernasib sama, yaitu jauh dari rumah.

Kalau mau bersosialisasi sesama traveler, lebih baik ambil kamar dormitory daripada yang private. Tapi walaupun begitu, saya lebih memilih kamar yang sesama perempuan (female dorm) dikarenakan kamar campur (mixed dorm) itu ada aja yang ga mandi jadi kamarnya bau, ngoroknya keras, N saya agak risih tidur bareng cowok2 ga dikenal.

Di daerah Khao San, saya juga selalu memilih hotel yang ga berada di jalan utama Khao San. Hal ini sudah pasti karena jalan utama Khao San tu isinya bar2 yang nyetel musik keras2 buat party semalaman. Yakinlah ga kan bisa tidur kalau tinggal di hotel yang berada di jalan utama.

  • Money Changer

Disini banyak banget tempat penukaran uang yang rate (nilai tukar)-nya macam2. Jadi lebih baik survey dulu dan pastikan ga ada biaya penukaran. Biasanya rate bakal di pajang di depan kiosnya jadi kita bisa survey tanpa perlu nanya. Saya biasa tukar uang di Money changer yang sebelahnya apotik dekat 7-11 karena ratenya bagus N dia juga menerima rupiah.

money exchange khaosan

  • Tour Agent

Banyak tour agent di daerah Khao San kalau kita mau tour misal ke Kanchanaburi, Ayutthata, dll. Jangan lupa survey harga antar tour agent.

  • 7-11

Disini banyak 7-11 jadi kita mudah kalau mau belanja keperluan pribadi. Sebagai traveler, kalau ketemu mini market jadi ga susah banget kan hidupnya. 😀

  • Penjual Jalanan

Penjual jalanan banyak tersebar di Khao San. Ada yang jual kaos, pernak-pernik, buah-buahan, sampai jualan cemilan aneh seperti kalajengking, belatung, dll. Jangan lupa cobain Pad Thai dari penjual2 jalanan di sini. Kalau saya suka banget Pad Thai yang di depan Mc D.

  • Taman

Khao San dekat dengan taman-taman yang bisa dinikmati sambil bersantai.

Kalau pagi, coba aja lari pagi di taman Sanam Luang. Banyak burung dara N burung gagak di taman ini. Terkadang juga bisa kita lihat tupai di pohon2 di taman ini. Ada tap water (air keran yang bisa diminum), tapi saya ga pernah berani minum karena takut itu pernah ditelein burung. Hahahaha. Secara tu keran kan outdoor.

taman sanam luang

Saat sunset, coba ke taman di dekat Tha Tien Pier, sebelah baratnya Wat Pho. Disana bisa kita lihat sunset dan juga pemandangan Wat Arun ketika lampunya mulai dinyalakan.

Saat sudah gelap, coba jalan ke taman Santichaiprakarn Park, lokasinya dekat dengan Phra Athit Pier. Pemandangan dari taman ini yaitu Jembatan Rama VIII yang dihiasi lampu saat malam.

phra athit parkrama viii bridge

  • Tempat Nongkrong

Khao San Road dipenuhi café dan bar2 yang selalu dijadikan tempat bersantai para traveler setelah seharian menikmati Bangkok. Bar2 ini biasa membunyikan musik keras2 seperti berlomba2 siapa yang paling keras. Jadi jangan heran kalau liat para bule joget2 di sepanjang jalan Khao San karena memang suasananya penuh dengan musik.

  • Wat

Di daerah Khao San Road bisa kita lihat ada Wat Chana Songkhram dan Wat Bavorn Niwet. Saat pagi hari di Wat Bavorn Niwet, banyak biksu berkeliling membawa cawan untuk menerima donasi dari warga Thailand berupa makanan dan juga uang.

Saya beruntung bisa ngobrol dengan salah satu biksu yang bisa bahasa Indonesia dan dia mengajak berkeliling di dalam Wat tersebut. Awalnya gara2 saya ketahuan diam2 foto dia saat menerima donasi dan dia langsung bertanya “Indo?”. Setelah itu malah diajak masuk Wat dan melihat aktivitas para biksu, bahkan dibawain pisang pas pulangnya. 😀

biksu bangkok

Jadi, bagaimana cara saya ke Khao San dari bandara?

  • Dari Suvarnabhumi Airport

Dari Suvarnabhumi, saya naik Airport Rail Link ke Phaya Thai Station (45 baht), lalu saya lanjutkan naik taksi ke Khao San Road pakai taksi berargo (80 baht karena ga macet). Pastikan taksinya menggunakan argo ya biar ga kena tipu N suruh bayar mahal.

  • Dari Don Mueang Airport

Dari Don Mueang, saya cari transportasi yang murah meriah yaitu bis no 59 warna orange (langsung/ga perlu ganti bis).

Jangan sampai salah karena saya pernah naik 59 warna merah (non AC) dan perhentian terakhir sampai pasar Chatuchak aja. Terpaksa melanjutkan ke Khao San naik bis lagi no 44.

bis 59 bangkok

Jadi menurut saya Khao San itu istimewa karena disana apa aja ada N banyak kemudahan sebagai traveler saat tinggal di sana.

GOPR0509_1418370937338_low-1_wm

Please Feel Free to Leave a Comment

