Kacaunya Lalu Lintas di Hanoi

Lalu lintas di Indonesia mungkin bisa kita bilang ruwet. Tapi bagi yang pernah ke Vietnam, terutama Hanoi, pasti setuju kalau lalu lintasnya kacau balau. Motor di Hanoi tu jumlahnya banyak banget, N ditambah lagi sepeda bermotor (sepeda yang ada motornya). Ibaratnya kaya kalau di Jogja pas jam berangkat sekolah. Banyak banget kan tuh motor2nya pelajar, terutama yang lagi berenti di lampu lalu lintas. 😀

Beberapa hal yang bisa saya simpulkan melihat lalu lintas dan pengendara di Hanoi:

  • Helm dan Jaket Motor

Helm berbentuk topi, bukan helm full face kaya di Indonesia. Bener2 kaya topi gitu (serius ini), warna warni (ada yang doraemon, cony&brown, dll), bahkan untuk helm yang cewek ada bentuk lengkung biar kuncir rambut bisa pas sewaktu pakai helm.

Jaket motor bentuknya kaya baju tipis yang panjang lengannya bisa sampai nutupin tangan N lehernya tinggi biar bisa jadi masker juga. Mungkin karena disana panas kali ya, jadi ada jaket motor yang bener2 nutupin tangan N muka. Rata2 motifnya sama untuk jaket motor, motif bunga2 kecil cuma beda2 warna aja. Ga tau juga kalau ada motif lain. Mungkin kebetulan yang saya liat cuma yang motif bunga2 itu aja.

pengendara hanoi

  • Menyeberang jalan

Wah kalau yang ini memang butuh keahlian khusus. Saya ga pernah berani, jadi bisanya nempel aja sama adik saya Agung. Bisa dibilang dia ahli banget nyebrang jalan di Hanoi.

Motornya banyak so kaya ga pernah ada jeda buat nyebrang. Tips mudahnya si ya, yang penting begitu liat ada jeda sedikit antara kendaraan, nyebrang aja. Usahakan jalan dengan kecepatan yang stabil N bisa dibaca sama pengendara motor, nanti dia yang menghindari kita. Intinya nyebrang jalan aja dengan PD. Jangan tiba2 lari atau setop di tengah2 proses nyebrang.

  • Trotoar

Isinya trotoar di Hanoi ya motor2 yang parkir. Ngira bakal aman aja jalan2 di trotoar? Salah! Motor tetep aja lewat trotoar N kalau kita ga mau minggir ya bakal diklaksonin. Apalagi di trotoar pas perempatan, dimana motor2nya males nungguin lampu merah.

  • Arah kendaraan

Kendaraan berjalan di sebelah kanan, jadi berkebalikan dengan di Indonesia. Tapi hal ini ga berlaku sama motor. Jadi kalau kita nyebrang N ngerasa satu sisi ini aman, itu ga berlaku. Kalau motor ngerasa sisi jalannya macet, dia ga segan2 pakai sisi jalan sebaliknya. Jadi nyebrang jalan memang harus tetap toleh kanan kiri N jalan dengan tenang.

Ngeliat kacaunya lalu lintas di Hanoi membuat saya bersyukur hidup di Indonesia. Di Indonesia, masi ada tata krama di jalanan N saya sadar betapa minimnya kesadaran untuk keselamatan di sana. Liat aja helmnya cuma topi gitu. 😉

Advertisements

Please Feel Free to Leave a Comment

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s