Scam Memberi Makan Burung Dara di Bangkok

Tourist scam atau biasa disebut tipuan turis, sering terjadi saat kita travelling. Hal ini terjadi karena scammer (penipu) tau bahwa kita bukan dari daerah tersebut dan ingin mengambil keuntungan dari ketidaktahuan kita.

Salah satu scam yang pernah saya alami di Bangkok, atau tepatnya adik saya alami yaitu scam memberi makan burung dara. Saat itu saya dan adik saya Kunn sedang jalan-jalan di Bangkok. Kita menginap di daerah Khao San Road dan ingin mengunjungi Wat Pho. Menuju Wat Pho, yaitu 1.8 kilo jalan kaki dari Khao San Road. Perjalanan cukup teduh karena melalui trotoar yang rindang karena banyaknya pohon2 di pinggir jalan.

rute khao san - wat pho

Tepatnya di trotoar Jalan Sanam Chai (seberang Grand Palace), trotoar yang kita lewati dipenuhi banyak burung dara. Di trotoar tersebut ada beberapa orang yang berdiri sambil membawa bungkusan kecil berisi jagung. Melihat kita melewati jalan tersebut, tiba2 beberapa orang tersebut langsung mendekati kita sambil menyodorkan bungkusan tersebut. Saya tidak tau apa yang mereka katakan karena saya tidak menghiraukan dan langsung berjalan cepat menghindari mereka.

Setelah melewati mereka, saya baru sadar Kunn yang tadi di samping saya tidak ada. Saya lihat ke belakang ternyata dia sudah dikelilingi 3 orang dan tidak bisa “kabur”.  Saya yang melihat kejadian tersebut, tentu saja tidak mendekat dan tetap di tempat saya. Dari pada saya ikutan ga bisa kabur, gimana coba?! Hehe ga setia kawan eh setia saudara.

Setelah berhasil kabur, Kunn bercerita bahwa saat lewat, salah satu orang tersebut langsung menumpahkan jagung ke tangannya. Kunn langsung melempar jagung itu ke arah burung dara dan segera menghindar. Saat dia ingin pergi, orang2 tersebut langsung menutupi jalan dan memaksa Kunn untuk membayar. Mereka memaksa Kunn membayar jagung yang sudah dia berikan ke burung dara. 1 plastik kecil seharga 20 Baht. Kunn membayar dengan koin 10 Baht hanya untuk menghindari mereka. Namun mereka memaksa Kunn membayar lebih dengan mengatakan “Money Paper… Paper…”. Karena memang semua uang ada di saya, Kunn menunjukkan isi kantong yang isinya ga sampai 20 Baht. Setelah Kunn memberikan semua koin yang dia punya, akhirnya mereka “melepaskan” Kunn.

Well, gara2 hal ini, Kunn jadi takut kalau ngeliat gerombolan burung dara di Bangkok, takut tiba2 disergap lagi. So, buat yang ke Bangkok dan melihat gerombolan burung dara serta ada beberapa orang yang membawa bungkusan, segera dihindari saja daripada kena jebakan seperti kami.

Please Feel Free to Leave a Comment

